Rabu 25 Feb 2015 09:35 WIB

Universitas Indonesia Kukuhkan Dua Guru Besar

Red: Yudha Manggala P Putra
Kampus Universitas Indonesia (UI)
Foto: id.wikipedia.org
Kampus Universitas Indonesia (UI)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) mengukuhkan dua Guru Besar Tetap yaitu Prof Dr Ratna Sitorus Sudarsono SKp M.App.Sc bidang Ilmu Keperawatan dan Prof Dr Sudarsono Hardjosoekarto bidang Sosiologi.

"Pengukuhan ini akan dipimpin langsung oleh Rektor UI Mumamad Anis," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Rifelly Dewi Astuti, di kampus UI Depok, Rabu (25/2).

Ia mengatakan Ratna Sitorus akan menyampaikan pidato pengukuhannya berjudul Penataan Sistem Pemberian Asuhan Keperawatan Melalui Implementasi Model Praktik Keperawatan Profesional di Rumah Sakit di Indonesia.

Di dalam pidatonya Ratna akan memaparkan model praktik keperawatan yang telah terbukti dan telah diuji keberhasilannya di dalam meningkatkan kepuasan pasien/keluarga, kepatuhan perawat pada standar serta pada penurunan angka infeksi nosokomial dan lama hari rawat menjadi lebih pendek.

Sedangkan Sudarsono akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul Produksi Pengetahuan Berbasis Pengalaman untuk Mendukung Kebijakan Pemerintah Berbasis Pengetahuan - Sebuah Reflexivity Aplikasi SSM dan Peran Policy Sociology.

Sudarsono akan memaparkan bahwa policy sociology memiliki peran dalam mewujudkan kebijakan berbasis pengetahuan.

Selain itu Sudarsono juga akan memberikan gambaran mengenai kesulitan yang dihadapi ketika upaya pembentukan kebijakan

Pemerintah, pemerintahan daerah dan legislasi di Parlemen.

Jika semata-mata bertumpu pada pengalaman sebelumnya, coba-coba (trial and error), reaktif, emosional, atau bahkan tanpa menggunakan ilmu pengetahuan yang diproduksi dengan alat yang sepadan untuk itu, atau tanpa dilandasi oleh ilmu pengetahuan (knowledge-based policy).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement