Selasa 07 Apr 2015 21:56 WIB

Pengendara Motor Tewas Tertabrak KA Fajar Utama

Red: Hazliansyah
 Penumpang turun dari kereta api Fajar Utama Yogya yang baru tiba di Stasiun Senen, Sabtu (10/8).  (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Penumpang turun dari kereta api Fajar Utama Yogya yang baru tiba di Stasiun Senen, Sabtu (10/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Seorang pengendara sepeda motor dilaporkan tewas akibat tertabrak Kereta Api (KA) Fajar Utama jurusan Yogyakarta-Pasar Senen di perlintasan sebidang sebelah barat Stasiun Kebumen, Jawa Tengah.

"Korban merupakan seorang pria bernama Mubaedah (35), warga Desa Kedungrejo Kidul, Kecamatan Klirong, Kebumen," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT Kereta Api Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Selasa.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi mata, kata dia, peristiwa nahas itu terjadi saat korban yang mengendarai sepeda motor berpelat nomor B-6912-NPX melintas di perlintasan KA Nomor 564 yang terletak di KM 450+358 petak jalur Kebumen-Soka atau sebelah barat Stasiun Kebumen pada pukul 08.26 WIB.

Saat itu, lanjut dia, korban mengendarai sepeda motor dari arah selatan dengan kecepatan tinggi berupaya menerobos pintu perlintasan KA yang telah ditutup oleh petugas. Bahkan, sepeda motor korban sempat menyerempet beberapa pengendara yang sedang berhenti untuk menunggu KA yang akan lewat di perlintasan itu. Akibatnya, korban menabrak palang pintu perlintasan yang telah ditutup itu hingga patah.

"Kecelakaan pun tidak bisa dihindarkan karena setelah menabrak palang pintu, korban tertabrak KA Fajar Utama yang datang dari arah timur dan akhirnya meninggal dunia di lokasi kejadian. Korban segera dibawa ke RSUD Kebumen untuk divisum," kata Surono.

Menurut dia, KA Fajar Utama jurusan Yogyakarta-Pasarsenen dengan lokomotif CC 20663 yang membawa rangkaian 10 gerbong kelas bisnis saat itu diawaki oleh Masinis Ibnu Susilo dan Asisten Masinis Endro. Keduanya dari unit operasi PT KAI Daop 6 Yogyakarta. 

Pascakejadian tersebut, kata dia, palang pintu pelintasan sebidang itu tidak bisa berfungsi.

Ia mengatakan bahwa petugas teknik sinyal PT KAI segera datang ke lokasi kejadian untuk memperbaiki palang pintu perlintasan yang patah tersebut.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement