Rabu 08 Apr 2015 03:00 WIB

Hasto: Kongres akan Kukuhkan Megawati Jadi Ketum PDIP Kembali

Megawati
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Megawati

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR-- Kegiatan kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang ke-4 di Bali, akan mengukuhkan Megawati Soekarnoputri kembali sebagai ketua umum.

"Dalam konsolidasi partai, semua dari berita acara tegaskan dukungannya (Megawati sebagai ketua umum) dan kongres tinggal kukuhkan dan tetapkan," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Blitar, Jawa Timur, Selasa (7/4).

Hasto yang dikonfirmasi saat mendampingi Megawati ziarah ke makam mantan Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, mengatakan untuk pengurus lain, juga akan ditetapkan.

Mereka yang terpilih menjadi pengurus DPP, baik di jajaran sekretaris ataupun jajaran lainnya juga akan ditetapkan. Nantinya, pengurus DPP itu akan dilantik langsung oleh ketua umum. "Struktur DPP akan diserahkan ke Bu Mega. Dalam kepartaian, kami konsolidasi, dan siapapun akan siap," ujarnya.

Pihaknya juga tidak terlalu merisaukan adanya sekelompok orang yang tidak ingin Megawati menjabat kembali sebagai ketua umum. Pihaknya menilai, adanya masalah tersebut justru menyudutkan partai dengan memunculkan isu dari luar.

Ia juga yakin, hal itu tidak berpengaruh pada pelaksanaan kongres, sebab sudah disepakati dalam kongres agendanya menetapkan Megawati sebagai ketua umum, periode 2015-2020. Kongres ke-4 PDIP akan digelar pada 8 sampai 12 April di Bali. Berkaca kongres lima tahun sebelumnya, kongres tahun 2015 juga mengukuhkan misi yang sama.

Dalam kongres lima tahun lalu, PDIP menempatkan diri sebagai partai ideologi dan semakin meneguhkan ke sumber, ide, ataupun gagasan Bung Karno. "Ide gagasan, cita-cita, termasuk anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, semua dalam nafas yang sama, meneguhkan dan bersumber ide gagasan dari Bung Karno," ujarnya.

Kongres itu, menurut Hasto, akan dihadiri seluruh pengurus partai baik di tingkat pusat, provinsi sampai daerah. Ketua Umum DPP PDIP Megawati juga akan membuka acara tersebut. Megawati datang ke Blitar menggunakan jalur udara, setelah sebelumnya juga menggunakan jalur udara turun di Lanud Abdurrahman Saleh KBRN, Malang. Ia ditemani sejumlah keluarga dan pengurus partai saat ziarah tersebut.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement