Senin 20 Jul 2015 18:45 WIB

Menko Polhukam akan Temui Dua Komisioner KY

Red: Bilal Ramadhan
Tedjo Edhy Purdijatno
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Tedjo Edhy Purdijatno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan pihaknya akan bertemu dengan dua komisioner Komisi Yudisial usai libur Lebaran, guna membahas perkara dugaan pencemaran nama baik oleh Hakim Sarpin Rizaldi.

"Saya belum sempat ketemu dengan perwakilan Komisi Yudisial, tapi sudah saya telepon ketuanya, Suparman Marzuki, dan Taufiqurrohman Syahuri. Baru akan ketemu lagi setelah Lebaran," kata Tedjo ditemui di kantornya, Senin (20/7).

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari upaya mediasi yang dilakukan Pemerintah terhadap ketegangan antara dua hakim KY dan hakim PN Jakarta Selatan Sarpin Rizaldi. Sebelumnya, Menkopolhukam telah menemui Sarpin untuk meminta mencabut gugatan dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik oleh dua hakim KY.

Namun, Sarpin belum ingin mencabut laporannya ke Bareskrim Polri karena menilai pernyataan dua hakim KY tersebut telah merugikan dia dan keluarganya. "Dia (Sarpin) masih pikir-pikir (mencabut gugatan), karena itu akan bicara dengan pihak pengacara dan keluarga. Menurutnya, akibat pernyataan KY itu istrinya terkena serangan stroke dan anaknya tidak lagi kuliah karena merasa malu, ini yang membuatnya sakit hati," kata Tedjo.