Rabu 26 Aug 2015 03:30 WIB

Sail Tomini Mengandung Nilai-Nilai Islam

Teluk Tomini, di Poso, Sulawesi Tengah.
Foto: ANTARA/Ismar Patrizki/ca
Teluk Tomini, di Poso, Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU --  Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Prof Dr H Zainal Abidin menyatakan perhelatan Sail Tomini 2015 tidak hanya mengandung nilai-nilai budaya dan kebaharian tetapi juga nilai-nilai Islam.

"Kegiatan tersebut dapat menumbuhkembangkan tali silaturahmi antarsesama manusia demi mewujudkan persamaan persepsi dalam mengelola potensi kelautan dan budaya yang ada didaerah ini. Inilah salah satu nilai-nilai Islam itu," katanya kepada Antara di Palu, Selasa.

Menurut dia, Sail Tomini tidak hanya menghadirkan masyarakat salah satu etnis atau agama tertentu saja, melainkan mengumpulkan ribuan pengunjung dan undangan yang berasal dari berbagai etnis dan agama bahkan bangsa yang berbeda.

Karena itu, Ketua MUI Kota Palu tersebut memandang Sail Tomini tidak hanya acara seremonial untuk mengampanyekan potensi budaya dan wisata tetapi juga turut menciptakan harmonisasi dalam keberagaman.

"Inilah salah satu dari beberapa nilai-nilai Islam atau sejalan dengan keislaman," ucapnya.

Dikatakannya, potensi bahari merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh daerah ini, yang patut dijaga dan dikembangkan serta dilestarikan oleh pemerintah dan masyarakat. Selain indah, potensi tersebut akan memberikan penghidupan kepada masyarakat banyak. Karena itu dibutuhkan kearifan dalam mengelola potensi yang dimiliki, agar tidak lekas punah.

"Dalam Alquran, Allah jelas menegaskan bahwa kerusakan yang terjadi di darat dan di laut adalah akibat dari ulah tangan manusia," ujarnya.

Ia berharap Sail Tomini menjadi momentum penting untuk merefleksi kembali peranan masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang baik, yang sejalan dengan anjuran Islam.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Norma Mardjanu menyatakan, Sail Tomini akan menghadirkan ribuan orang di Kabupaten Parigi Moutong dan Kota Palu. Salah satu kegiatan massal tekrait Sail Tomini yang akan melibatkan ribuan orang adalah pekan budaya dan karnaval.

"Ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat Parigi semata, tetapi undangan dari luar negeri pun akan turut hadir,? ujarnya dan berharap masyarakat dapat berpartisipasi menyukseskan Sail Tomini yang puncak acaranya 19 September 2015.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement