Jumat 04 Sep 2015 14:56 WIB

Fahri Hamzah: PAN Sedang Mainkan Politik Dua Kaki

Rep: C14/ Red: Bayu Hermawan
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kiri).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini telah menyatakan menjadi pendukung pemerintah. Kendati demikian, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan telah menegaskan, partainya tidak hengkang dari Koalisi Merah Putih (KMP).

Terkait itu, politikus PKS Fahri Hamzah mengakui, PAN sedang memainkan politik dua kaki. Dia menyebut, di satu sisi partai yang didirikan Amien Rais tersebut mendukung pemerintah sekaligus, di sisi lain, tidak menyatakan masuk ke Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"Ya makanya. Jadi karena begitu perspektifnya, ini hanya mendukung pemerintah. Tidak mendukung koalisi-koalisi lama," ucapnya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (4/9).

Saat ditanya bagaimana sikap PKS, Wakil Ketua DPR itu menekankan, partai-partai di KMP tidak mempersoalkan sikap PAN. Demikian pula, tidak akan ada perubahan sikap dan agenda antara anggota KMP dan PAN. Sebab, menurutnya hengkangnya dari KMP merupakan independensi PAN sebagai partai.

Namun, Fahri tidak setuju dengan pernyataan Zulkifli Hasan bahwa dualitas KMP-KIH kini tak lagi relevan. "Kalau KMP, relevan. Kita ada di sini. Kita eksis membangun narasi tandingan kepada pemerintah," jelasnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَقَالُوْا لِاِخْوَانِهِمْ اِذَا ضَرَبُوْا فِى الْاَرْضِ اَوْ كَانُوْا غُزًّى لَّوْ كَانُوْا عِنْدَنَا مَا مَاتُوْا وَمَا قُتِلُوْاۚ لِيَجْعَلَ اللّٰهُ ذٰلِكَ حَسْرَةً فِيْ قُلُوْبِهِمْ ۗ وَاللّٰهُ يُحْيٖ وَيُمِيْتُ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu seperti orang-orang kafir yang mengatakan kepada saudara-saudaranya apabila mereka mengadakan perjalanan di bumi atau berperang, “Sekiranya mereka tetap bersama kita, tentulah mereka tidak mati dan tidak terbunuh.” (Dengan perkataan) yang demikian itu, karena Allah hendak menimbulkan rasa penyesalan di hati mereka. Allah menghidupkan dan mematikan, dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Ali 'Imran ayat 156)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement