Jumat 18 Sep 2015 08:48 WIB

Kabut Asap Picu 3.220 kasus ISPA di Sumatra Barat

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Angga Indrawan
Kabut asap menjadi pemicu utama meningkatnya kasus ISPA di sejumlah wilayah di Sumatra Barat.
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Kabut asap menjadi pemicu utama meningkatnya kasus ISPA di sejumlah wilayah di Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Peningkatan jumlah penderita infeksi saluran pernafasan akut di Sumatra Barat (Sumbar) akibat terpapar kabut asap kebakaran dan hutan mencapai 3.220 kasus.

"Data tersebut berasal dari seluruh fasilitas kesehatan yang ada di seluruh kabupaten/kota se-Sumatra Barat," kata Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat, dr Irene di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), Jumat (18/9).

Ia menjelaskan, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumbar, pada minggu ke-29, peningkatan kasus ISPA mencapai 3.192. Pada minggu ke-30 meningkat menjadi 3.228 kasus. Pada minggu ke-31 meningkat menjadi 3.979 kasus. 

Pada minggu ke-32 turun menjadi 3.633 kasus. Pada minggu ke-33 meningkat menjadi 4.495 kasus. Pada minggu ke-34 turun menjadi 4.265 kasus. Pada minggu ke-35 meningkat menjadi 6.009 kasus.

"Minggu ke-36 laporan (ISPA) terbanyak berada di Kabupaten Solok yaitu sebanyak 395 kasus," ujar Irene.

Dikatakannya, Dinkes Sumbar telah meminta pemerintah daerah (pemda) selalu menyiapkan sarana pelayanan kesehatan untuk kemungkinan terjadinya peningkatan penyakit-penyakit akibat dampak buruk kabut asap, seperti gangguan pernafasan, iritasi kulit, iritasi mata, dan sebagainya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement