Sabtu 07 Nov 2015 00:05 WIB

George HW Bush Kritik Putranya Lewat Buku Biografi

Rep: Gita Amanda/ Red: Ani Nursalikah
President George W. Bush walks with his father, former President George HW Bush, at Andrews Air Force Base, Md.
Foto: AP/Evan Vucci
President George W. Bush walks with his father, former President George HW Bush, at Andrews Air Force Base, Md.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush dalam waktu dekat akan mengeluarkan sebuah biografi miliknya berjudul Destiny and Power: The American Odyssey Of George Herbert Walker Bush.

Dalam biografi pria 91 tahun itu terungkap kritikan pedas pada sejumlah tokoh politik AS, termasuk putranya sendiri yang juga menjadi presiden AS.

The New York Times mendapat salinan biografi Bush dan mewawancarai penulis biografinya, Jon Meacham. Meacham mengutip Bush mengatakan, George W Bush di masa pemerintahannya yakni 2001 hingga 2009 kerap menggunakan bahasa yang terlalu sering mengundang 'peperangan'.

"Retorika panas memang sangat mudah membuatnya menjadi berita utama, tapi tak selalu dapat memecahkan masalah politik," kata Bush, Jumat (6/11).

Bush juga menyebut secara khusus pidato anaknya pada 2002 sebagai "poros iblis". Nampaknya pernyataan Bush mengarah pada permusuhan AS dengan Irak, Iran dan Korea Utara.

"Anda kembali ke 'poros iblis', dan hal-hal semacam itu dan saya pikir secara historis terbukti tak membawa keuntungan apapun," ujar Bush di bukunya.

sumber : AP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement