Kamis 26 Nov 2015 17:15 WIB

Jokowi Optimistis Pemilihan Capim KPK di DPR Berjalan Mulus

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Jokowi peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 hijriah di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (3/1).
Foto: Antara
Presiden Jokowi peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 hijriah di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (3/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis proses pemilihan calon pimpinan (capim) KPK yang tengah berlangsung di DPR akan berlangsung mulus. Bahkan, Presiden mengaku ia sudah mendapat bocoran bahwa Komisi III DPR akan segera memilih lima dari 10 capim yang diajukan pemerintah.

"Saya mendengar bahwa memang Komisi III sudah akan memutuskan. Itu yang saya dengar lho," ucap Presiden di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (26/11).

Berbanding terbalik dengan keyakinan Jokowi, DPR sendiri memutuskan untuk menunda waktu uji kepatutan dan kelayakan pada calon pimpinan KPK pilihan panitia seleksi (Pansel). Ini karena Dewan tak puas dengan capim yang dipilih Pansel.

Sehingga berhembus isu bahwa Dewan akan menolak calon yang diajukan pemerintah. Ketika dimintai komentarnya tentang hal itu, Jokowi menjawab diplomatis. "Ya sabar, wong belum diputuskan," kata dia.

Presiden mengatakan, tugas pemerintah sesuai Undang-Undang hanyalah membentuk Pansel untuk melakukan seleksi calon pimpinan KPK. Calon terpilih kemudian diajukan pemerintah pada DPR. Proses selanjutnya setelah itu adalah kewenangan Dewan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ لَتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الْيَهُوْدَ وَالَّذِيْنَ اَشْرَكُوْاۚ وَلَتَجِدَنَّ اَقْرَبَهُمْ مَّوَدَّةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّا نَصٰرٰىۗ ذٰلِكَ بِاَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيْسِيْنَ وَرُهْبَانًا وَّاَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ ۔
Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti akan kamu dapati orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani.” Yang demikian itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan para rahib, (juga) karena mereka tidak menyombongkan diri.

(QS. Al-Ma'idah ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement