REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cover asap yang dipakai koran Republika pada edisi 8 Oktober 2015, meraih penghargaan non kompetisi media kreatif dan inovatif dalam Aqua Jurnalistik Award (AJA) ke-V.
Pimpinan Aqua Grup, Parmaningsih Hadinegoro mengatakan pemilihan Republika sebagai media kreatif dan inovatif karena cover tersebut telah menginspirasi banyak pihak. Parma menilai, dari cover asap tersebut warga menjadi sadar dan lebih aware terhadap isu lingkungan saat ini.
"Ya idenya kreatif. Simple tetapi bermakna sangat mengena. Ini yang kreatif. Pembaca jadi lebih paham dan mengena dengan kritik yang diberikan oleh Republika," ujarnyasaat ditemui Republika.co.id di Thamrin Nine Balroom, Selasa (15/12).
Parma mengatakan, hal ini membuat tim Aqua terkesan. Cara Republika dalam mengkomunikasikan dampak lingkungan sederhana namun efektif. Ia mengatakan hal ini sejalan dengan tema Aqua Jurnalistik Award V yang ingjn mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan lingkungan.
Ia berharap dari anugrah ini bisa membuat para insan media lainnya juga melakukan kampanye yang sama dan meningkatkan ide kreatif lainnya. Ia berharap semua masyarakat juga bisa menjadi peduli terhadap lingkungannya.
AJA V kali ini membuka perlombaan pada bidang Karya Jurnalistik Tulis, Televisi, Fotografi dan Radio. Lomba ini diikuti sekitar 2.545 karya. Lalu dari masing masing kategori dipilih tiga pemenang dengan total 18 finalis terbaik.
Pada kompetisi ini setidaknya melibatkan lima dewan juri. Pertama, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia, Yadi Hendriana.
Ketua AJI Indonesia, Suwarjono. Ketua Perwarta Foto Indonesia, Lucky Pransiska. Director of VOA Indonesia, Frans Padak Demon dan COO Kompasiana, Pepih Nugraha.