Sabtu 26 Mar 2016 12:10 WIB

Austria vs Albania, Ajang Ukur Kekuatan

Rep: c31/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Austria merayakan keerhasilan lolos ke putaran final Piala Eropa 2016
Foto: REUTERS/Heinz-Peter Bader
Timnas Austria merayakan keerhasilan lolos ke putaran final Piala Eropa 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Austria akan menjamu Albania dalam pertandingan persahabatan yang akan diselenggarakan di Ernst Happel Stadion Vienna, Sabtu (26/3) malam WIB. Menurut pelatih Austria, Marcel Koller, pertandingan persahabatan ini boleh dibilang sebagai ajang pemanasan atau uji coba seberapa jauh kekuatan Austria maupun Albania sebelum menghadapi Piala Eropa 2016 di Prancis.

Dalam kompetisi Piala Eropa, Austria yang berjuluk Das Team Burschen berada di grup F bersama Portugal, Islandia, dan Hungaria. Sedangkan Albania berada di Grup A bersama tuan rumah Prancis, Swiss, dan Rumania. “Austria memiliki potensi berkembang menjadi tim yang baik ,” kata Koller, seperti yang dikutip dari Washington Times.

Sepanjang babak kualifikasi, Austria di luar dugaan tak memiliki kendala berarti. Mereka sukses menjuarai Grup G dengan selisih delapan poin dari peringkat kedua, Rusia. Mereka bahkan memaksa tim langganan turnamen seperti Swedia melewati babak playoff untuk lolos ke Prancis.

Salah satu kunci sukses Austria disebut-sebut merupakan kinerja sang pelatih, Marcel Koller. Semenjak menangani Das Team pada November 2011, ia mengorbitkan sejumlah eks pemain timnas U-20 yang finis di posisi keempat Piala Dunia U-20 seperti  Sebastian Prödl, Markus Suttner, Martin Harnik, Veli Kavlak, Erwin Hoffer, Zlatko Junuzovic, dan Rubin Okotie.