REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia penyelenggara Festival Jakarta Great Sale (FJGS) menargetkan penjualan ritel mencapai Rp15,74 triliun selama berlangsungnya kegiatan tersebut.
"Kami optimistis target penjualan ritel sebesar Rp 15,74 triliun bisa tercapai. Target tahun ini naik sebanyak delapan persen dari pencapaian tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 14,58 triliun," kata Ketua Pelaksana FJGS 2016 Ellen Hidayat dalam konferensi pers, di Jakarta, Rabu (18/5).
Menurut Ellen, target tersebut dapat dicapai karena meningkatnya jumlah pusat belanja dan pasar tradisional yang terlibat, sekaligus banyaknya inovasi yang dilakukan oleh pengelola pusat belanja dan pasar tradisional untuk memanjakan para pengunjungnya.
"Tahun ini ada 78 pusat belanja atau mal dan 20 pasar tradisional di bawah PD Pasar Jaya yang terlibat. Sehingga, FJGS tahun ini lebih meriah dan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat," ujar Ellen.
Perempuan yang juga menjabat sebagai ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta itu menuturkan, tema pelaksanaan FJGS 2016 adalah "Shop More, Less Plastic". "Melalui tema tersebut, kami berharap masyarakat mulai mengurangi penggunaan kantong plastik sekaligus memahami pentingnya menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan bersih bagi generasi penerus," ujar Ellen.
Selama FJGS 2016 juga diadakan program belanja tengah malam atau midnite sale yang berlangsung setiap minggu secara bergantian di 24 pusat belanja Jakarta.
Selain program belanja, FJGS juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta untuk menggelar aksi donor darah di 29 pusat belanja selama berlangsungnya FJGS 2016.