Sabtu 27 Aug 2016 00:51 WIB

Jokowi Tolak Turunkan Target Kemudahan Berusaha

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menghadiri acara silaturahmi dan dialog nasional bersama Ikatan Senior Hipmi (Ishi) di Hotel Raffles Jakarta, Jumat (26/8). Dalam kesempatan tersebut, Presiden memberi jaminan pada para pengusaha akan kemudahan membuka usaha atau menanam investasi di Tanah Air.

Ia menyebut bahwa pemerintah telah menetapkan target ranking 40 dunia dalam survei Ease of Doing Business (EoDB) atau kemudahan dalam berusaha. "Tahun depan saya minta harus 40. Tidak mau ditawar," ujarnya.

Saat ini, posisi Indonesia masih berada di peringkat 109 dunia dalam survei EoDB. Sementara Malaysia sudah menempati posisi 18 dan Thailand peringkat 49. Adapun Singapura bahkan menempati posisi puncak sebagai negara dengan kemudahan investasi paling tinggi di dunia.

"Kita masih jauh sekali," ucapnya.

Menurut Jokowi, saat pertama kali memberikan target 40 tersebut, para menteri sempat ragu. Bahkan, ada yang menawar agar targetnya diturunkan menjadi 60. Namun begitu, Jokowi tetap bersikukuh dengan target yang telah dia tetapkan.

"Menteri bilang sulit. Kementerian mana yang menyulitkan? Itu yang harus diobrak-abrik. Kalau dirjen tidak siap, ganti! Direktur bawahnya tidak siap, ganti! " katanya.

Jika pemerintah tak membuat perubahan dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi investor, kata dia, maka Indonesia akan semakin jauh tertinggal dari negara tetangga. Karenanya, Presiden mengatakan, pemerintah saat ini terus memangkas sejumlah perizinan yang dapat menghambat masuknya investasi di Indonesia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَدِ افْتَرَيْنَا عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اِنْ عُدْنَا فِيْ مِلَّتِكُمْ بَعْدَ اِذْ نَجّٰىنَا اللّٰهُ مِنْهَاۗ وَمَا يَكُوْنُ لَنَآ اَنْ نَّعُوْدَ فِيْهَآ اِلَّآ اَنْ يَّشَاۤءَ اللّٰهُ رَبُّنَاۗ وَسِعَ رَبُّنَا كُلَّ شَيْءٍ عِلْمًاۗ عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْنَاۗ رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ
Sungguh, kami telah mengada-adakan kebohongan yang besar terhadap Allah, jika kami kembali kepada agamamu, setelah Allah melepaskan kami darinya. Dan tidaklah pantas kami kembali kepadanya, kecuali jika Allah, Tuhan kami menghendaki. Pengetahuan Tuhan kami meliputi segala sesuatu. Hanya kepada Allah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”

(QS. Al-A'raf ayat 89)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement