Senin 29 Aug 2016 08:36 WIB

Tujuh Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Ucapkan Salam

Red: Nasih Nasrullah
Jabat Tangan

Ketiga, jika khalayak objek dari salam adalah komunitas Muslim maka hendaknya menghindari redaksi salam yang mencantumkan kata ‘ala mainttaba’al huda’ (atas siapa saja yang mengikuti petunjuk).

Penggunaan kata itu, tidak patut untuk orang yang telah berikrar syahadat. Hal ini karena, salam dengan lafal demikian, oleh Rasulullah hanya dipergunakan untuk pihak non-Muslim.

Nabi pernah menggunakannya dalam surat-surat yang dikirim ke sejumlah raja, misalnya Hercules, Penguasa Romawi.

Keempat, bagi seorang Muslim, ungkapan penyambutan tidak cukup dengan bahasa dan isyarat tubuh. Salam tidak dapat tergantikan dengan misalnya, mengangkat topi atau melipat dan meletakkan tangan di atas dada.

Atau, dengan menundukkan kepala seraya melambaikan telapak tangan sebagaimana yang dilakukan kaum Yahudi. Tindakan seperti ini tidak dianjurkan sama sekali oleh Rasulullah, seperti dikutip dari hadis riwayat Jabir bin Abdullah.

Namun, ada pengecualian kasus dalam poin ini. Penggunaan isyarat diperbolehkan bagi mereka  berhalangan dan tak mampu melafalkannya. Misalnya, saat tengah melakukan shalat atau yang bersangkutan mengalami kebisuan.

Dalam kasus seperti ini, menurut Dr Abd Al hamid bin Abdurrahman As Sahibani, tidak jadi soal memberi isyarat sebagai bentuk  jawaban salam.  

Kelima, membiasakan diri untuk mengucapkan salam pada semua golongan umur, tidak cuma terbatas pada kalangan dewasa tetapi juga para anak-anak dan remaja.

Langkah ini dinilai akan memberikan edukasi dan pembiasaan untuk mereka agar membudayakan salam. Anas bin Malik mengatakan bahwa Rasulullah kerap menyampaikan salam ketika berpapasan dengan anak kecil.

Dr As Sahibani juga mengingatkan, sebaiknya tidak mendahului pengucapan salam kepada non-Muslim. Hal ini karena tindakan itu, mendapat perhatian serius Rasulullah. Mengawali salam kepada non-Muslim temasuk hal yang dilarang. “Janganlah, engkau sekalian memulakan salam bagi Yahudi dan Nasrani,”sabda Rasulullah. 

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement