Rabu 31 Aug 2016 12:35 WIB

Hari Ini Indonesia-Filipina Bahas Nasib 177 Calhaj WNI

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Foto: Republika/ Wihdan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebanyak 177 WNI yang merupakan calon haji di Filipina hingga kini masih tertahan di Filipina. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan pemerintah terus berupaya untuk memulangkan calon haji yang tertipu dengan modus paspor palsu tersebut.

''Pada Pukul 14.00, hari ini, waktu Manilla akan dilakukan pertemuan antara tim kita dengan Departemen of Justice Manilla. Jadi saat ini masih tunggu isu yang akan dibahas,'' kata Retno, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (31/8).

Retno masih terus ingin memastikan apakah 177 WNI tersebut diberikan izin untuk segera dipulangkan ke Indonesia. ''Kita masih dalam posisi menunggu. Tapi message kita jelas pada otoritas  Filipina,'' jelas dia.

Menurutnya, setelah pendalaman informasi dilakukan, terdapat permintaan kuat agar 177 WNI tersebut dapat segera dipulangkan ke Indonesia.

Sebelumnya, 177 orang Warga Negara Indonesia (WNI) ditangkap imigrasi Bandara Internasional Manila menggunakan paspor Filipina. Paspor tersebut tidak palsu namun diperoleh dengan cara yang ilegal.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ اَنْتُمْ هٰٓؤُلَاۤءِ تَقْتُلُوْنَ اَنْفُسَكُمْ وَتُخْرِجُوْنَ فَرِيْقًا مِّنْكُمْ مِّنْ دِيَارِهِمْۖ تَظٰهَرُوْنَ عَلَيْهِمْ بِالْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِۗ وَاِنْ يَّأْتُوْكُمْ اُسٰرٰى تُفٰدُوْهُمْ وَهُوَ مُحَرَّمٌ عَلَيْكُمْ اِخْرَاجُهُمْ ۗ اَفَتُؤْمِنُوْنَ بِبَعْضِ الْكِتٰبِ وَتَكْفُرُوْنَ بِبَعْضٍۚ فَمَا جَزَاۤءُ مَنْ يَّفْعَلُ ذٰلِكَ مِنْكُمْ اِلَّا خِزْيٌ فِى الْحَيٰوةِ الدُّنْيَا ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يُرَدُّوْنَ اِلٰٓى اَشَدِّ الْعَذَابِۗ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا تَعْمَلُوْنَ
Kemudian kamu (Bani Israil) membunuh dirimu (sesamamu), dan mengusir segolongan dari kamu dari kampung halamannya. Kamu saling membantu (menghadapi) mereka dalam kejahatan dan permusuhan. Dan jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, padahal kamu dilarang mengusir mereka. Apakah kamu beriman kepada sebagian Kitab (Taurat) dan ingkar kepada sebagian (yang lain)? Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang yang berbuat demikian di antara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 85)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement