Senin 10 Oct 2016 17:27 WIB

Puisi Jusuf Kalla Warnai Buku Puisi HPI Setebal 2.016 Halaman

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Irwan Kelana
Ketua Yayasan Hari Puisi Maman S Mahayana, penyair Sutardji Calzoum Bachri  dan Sekretaris Panitia Hari Puisi Indonesia (HPI) 2016 Mustafa Ismail  (dari kiri ke kanan) dan buku “Matahari Cinta Samudra Kata
Foto: Irwan Kelana/Republika
Ketua Yayasan Hari Puisi Maman S Mahayana, penyair Sutardji Calzoum Bachri dan Sekretaris Panitia Hari Puisi Indonesia (HPI) 2016 Mustafa Ismail (dari kiri ke kanan) dan buku “Matahari Cinta Samudra Kata".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Puisi Wakil Presiden Jusuf Kalla mewarnai  buku puisi setebal 2016 halaman berjudul “Matahari Cinta Samudra Kata”. Buku yang disusun penyair Rida K  Liamsi itu berisi karya dari 216 penyair Indonesia.  "Penyair tertua yang puisinya ikut di antologi ini 80 tahun sementara yang termuda 14 tahun,” kata Rida K Liamsi yang juga insiator sekaligus salah seorang deklarator Hari Puisi Indonesia.

Menurut Rida, tebal buku 2016 halaman itu menandakan HPI tahun 2016. Itu belum termasuk halaman romawi.  “Sementara ini adalah buku puisi tertebal di Indonesia,”  ujar Rida dalam rilis Panitia Hari Puisi Indonesia (HPI) 2016, Senin (10/10).

 

Puncak Hari Puisi Indonesia(HPI)  2016 digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, 11-12 Oktober 2016. Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia 2016 diadakan Rabu (12/10).

Hari Puisi Indonesia dideklarasikan di Pekanbaru, Riau, pada 22 November 2012. Deklarasi itu dihadiri oleh sekitar 40 penyair yang mewakili berbagai provinsi di Indonesia. Selanjutnya, tiap daerah memperingati sendiri-sendiri hari puisi tiap 26 Juli, yang merupakan hari kelahiran Penyair Chairil Anwar.

“Selama ini di sejumlah daerah penyair memperingatinya dengan cara masing-masing. Puncak peringatan Hari Puisi Indonesia diadakan di Jakarta,” tutur salah satu penggagas Hari Puisi Indonesia Sutardji Calzoum Bachri kepada Republika.co.id, Senin (10/10).

Ketua Yayasan Hari Puisi Maman S Mahayana menambahkan, di kawasan Asia Tenggara, baru ada dua negara yang memperingati hari puisi, yaitu Vietnam dan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement