Rabu 12 Oct 2016 09:13 WIB

Tahukah Anda Berapa Banyak Zat Besi dalam Tubuh?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh mengalami anemia.
Foto: ist
Kekurangan zat besi bisa menyebabkan tubuh mengalami anemia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda tahu berapa banyak kandungan zat besi dalam tubuh? Meskipun menurut Anda sedikit, tapi total aslinya akan mengejutkan Anda karena berbanding terbalik dengan fungsinya yang banyak.

Konsumsi zat besi dalam makanan sangat penting. Besi merupakan mineral yang paling sering terlihat di industri konstruksi dan pertambangan, namun itu juga zat yang dikonsumsi manusia. Jumlah zat besi yang disertakan dalam diet sehari-hari memang sangat kecil, namun penting untuk eksistensi tubuh.

Dilansir dari Unrealfacts, Rabu (12/10), zat besi merupakan bagian dari protein yang disebut hemoglobin. Hemoglobin dan besi membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Manfaat zat besi tak berhenti di situ karena besi membantu otot-otot menggunakan dan menyimpan oksigen, serta menolong pencernaan makanan. Jika Anda kekurangan zat besi, tubuh akan menderi kondisi serius disebut anemia.

Risiko kesehatan lain dari kekurangan zat besi adalah kelelahan, daya ingat menurun, persalinan prematur, dan perkembangan mental lambat pada bayi. Lalu, sesungguhnya berapa banyak zat besi terkandung dalam tubuh?

Tubuh manusia rata-rata hanya mengandung empat hingga lima gram zat besi. Ini menopang kehidupan manusia. Jika dikalibrasi ke ukuran lain, kandungan zat besi dalam tubuh manusia hanya sepanjang 7,5 sentimeter (cm) atau sepanjang tiga inci kuku saja. Ini adalah fakta unik yang perlu Anda ketahui.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْشَاَ جَنّٰتٍ مَّعْرُوْشٰتٍ وَّغَيْرَ مَعْرُوْشٰتٍ وَّالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا اُكُلُهٗ وَالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ كُلُوْا مِنْ ثَمَرِهٖٓ اِذَآ اَثْمَرَ وَاٰتُوْا حَقَّهٗ يَوْمَ حَصَادِهٖۖ وَلَا تُسْرِفُوْا ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَۙ
Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,

(QS. Al-An'am ayat 141)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement