Sabtu 14 Jan 2017 16:30 WIB

Abu Sayyaf Bebaskan Tawanan Korea Selatan

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Militan Abu Sayyaf di Filipina.
Foto: Youtube
Militan Abu Sayyaf di Filipina.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Kelompok militan yang berbasis di selatan Filipina, Abu Sayyaf membebaskan sandera asal Korea Selatan, Sabtu (14/1). Ia merupakan seorang kapten kapal yang diculik bersama dengan seorang awak pada tiga bulan lalu.

Dilansir dari Asian Correspondent, kapten kapal diidentifikasi sebagai Park Chui Hong. Sementara, awak kapal berasal dari Filipina bernama Glenn Alidajao. Keduanya diserahkan kepada Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF).

Mereka setelah itu dibawa ke kediaman Gubernur Sulu Abdusakur Tan II di Barangay Asturias, Jolo. MNLF telah membantu pembebasan korban penculikan Abu Sayyaf, khususnya dalam perjanjian dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Sejak menjadi orang nomor satu di Filipina, Duterte telah mengambil sikap tegas pada kelompok militan. Abu Sayyaf selama ini sering beroperasi di wilayah perairan dan menyerang kapal-kapal asing yang melintas.

Lebih dari 10 ribu tentara Filipina dikerahkan untuk melawan kelompok itu. Bentrokan terbaru terjadi pada Kamis (12/1) di Sumisip, Basilan dan menyebabkan seorang tentara tewas dan empat lainnya terluka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement