Jumat 07 Sep 2012 00:15 WIB

Ledakan Pendatang Ancam Tuan Rumah PON

Red: Didi Purwadi
PON 2012 Riau
Foto: wikipedia
PON 2012 Riau

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, tengah mewaspadai potensi ledakan pendatang permanen pasca-pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional ke XVIII di Riau mendatang.

"Potensi ledakan pendatang yang nantinya akan menetap atau menjadi permanen di Pekanbaru pasca-penyelenggaraan PON nanti sangat besar. Hal itu harus diwaspadai dan jangan justru menjadi beban di kemudian hari," kata Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT, seperti dikutip Antara.

Saat ini saja, menurut Firdaus, peningkatan jumlah pendatang dari berbagai daerah menjelang PON mendatang ini sudah mulai tampak sangat signifikan. Firdaus memprediksikan sudah ada ribuan pendatang non-kontingen PON yang telah berdatangan untuk mengadu nasib di Pekanbaru. Kebanyakan mereka merupakan pedagang, buruh bangunan, dan lainnya.

Kondisi demikian telah berlangsung sejak beberapa pekan lalu. Jumlahnya terus bertambah hingga mendekati hari-hari pertandingan dan pembukaan PON.

"Saya belum tahu berapa jumlah pendatang dari luar provinsi di Pekanbaru hingga jelang PON saat ini. Namun, perkiraan telah mencapai ribuan," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
هُوَ الَّذِيْ يُسَيِّرُكُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِۗ حَتّٰٓى اِذَا كُنْتُمْ فِىْ الْفُلْكِۚ وَجَرَيْنَ بِهِمْ بِرِيْحٍ طَيِّبَةٍ وَّفَرِحُوْا بِهَا جَاۤءَتْهَا رِيْحٌ عَاصِفٌ وَّجَاۤءَهُمُ الْمَوْجُ مِنْ كُلِّ مَكَانٍ وَّظَنُّوْٓا اَنَّهُمْ اُحِيْطَ بِهِمْۙ دَعَوُا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۚ لَىِٕنْ اَنْجَيْتَنَا مِنْ هٰذِهٖ لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيْنَ
Dialah Tuhan yang menjadikan kamu dapat berjalan di daratan, (dan berlayar) di lautan. Sehingga ketika kamu berada di dalam kapal, dan meluncurlah (kapal) itu membawa mereka (orang-orang yang ada di dalamnya) dengan tiupan angin yang baik, dan mereka bergembira karenanya; tiba-tiba datanglah badai dan gelombang menimpanya dari segenap penjuru, dan mereka mengira telah terkepung (bahaya), maka mereka berdoa dengan tulus ikhlas kepada Allah semata. (Seraya berkata), “Sekiranya Engkau menyelamatkan kami dari (bahaya) ini, pasti kami termasuk orang-orang yang bersyukur.”

(QS. Yunus ayat 22)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement