Sabtu 18 Feb 2017 15:49 WIB

Kemenpora Minta LADI Aktif Sosisalisasi Soal Doping

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Gatot S Dewa Broto
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Gatot S Dewa Broto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2016, muncul beberapa laporan atlet yang menggunakan doping. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menganggap hal tersebut menjadi gambaran betapa besarnya tanggung jawab Lembaga Antidoping Indonesia (LADI) selanjutnya. 

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mngatakan sejumlah 14 atlet terindikasi menggunakan doping. "Itu suatu jumlah yang cukup besar, menjadi signal kuat tantangan dimaksud," kata Gatot, Sabtu (18/2). 

Dia menyatakan semua pihak, atlet,  pelatih, dan pengurus cabang olahraga harus terus menerus diberikan pemahaman tentang doping. Atlet yang terus berganti, kata Gatot, begitu juga dengan pelatih dan pengurusnya yang akhirnya memaksa LADI harus melakukan sosialisasi dan edukasi secara terus menerus.  

"Untuk itu menjadi kewajiban LADI agar lebih aktif sosialisasi kepada seluruh cabang olahraga dengan berbagai cara," tutur Gatot. Termasuk penggunaan layanan internet yang mudah diakses secara real time di mana pun berada dengan konten yang terus diperbarui.

Dengan begitu, Gatot berharap tidak ada alasan bagi atlet yang tidak mengetahui adanya bahan-bahan obat-obatan yang antidoping. Begitu juga dengan makanan dan minuman tertentu yang mengandung doping sehingga tidak boleh dikonsumsi. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۗوَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ ۗاِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوٰىهُ النَّارُ ۗوَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ
Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, “Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 72)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement