Rabu 10 Apr 2013 15:45 WIB

Daihatsu Ingin Dongkrak Pangsa Pasar Lewat Ayla

Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Daihatsu Astra Motor (ADM) mengandalkan produk "city car" Ayla untuk mendongkrak pangsa pasar yang kian turun.

"Selain pertumbuhan kelas menengah terus meningkat, tren penduduk Indonesia saat ini mulai mencari 'city car' dengan lima tempat duduk, jadi kami harapkan produksi Ayla bisa menaikkan pangsa pasar yang tengah 'drop' (turun)," kata Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra saat konferensi pers yang bertajuk "Pencapaian Produksi Tiga Juta Unit" di Assembly Plant, Sunter, Jakarta, Rabu (10/4).

Pangsa pasar ADM pada 2012 turun menjadi 14,7 persen dibandingkan dengan 2011 yang masih menyentuh angka 15,7 persen. Amelia menjelaskan pangsa pasar tersebut turun karena tidak bisa memenuhi permintaan. Namun, dia mengatakan kapasitas sudah di atas pemakaian, tetapi secara volume meningkat dari tahun lalu.

"Mudah-mudahan ada kenaikan dari Ayla dan Gran Max yang cukup 'affordable' (terjangkau) bagi masyarakat Indonesia dan pangsa pasar bisa ke level 15 persen," katanya.

Emilia menyebutkan jika regulasi terkait Low Cost Green Car (LCGC) sudah keluar, pihaknya akan memproduksi sebanyak 3.000 unit untuk tahun ini. Saat ini, ekspor Daihatsu dan Toyota sudah merambah ke 65 negara pada 2013 dibanding 2012 yang hanya ke 35 negara.

"Bahkan kami akan menantang untuk mengekspor ke negeri 'embahnya' produksi mobil, yakni Jepang," demikian Amelia.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement