Jumat 15 Nov 2013 14:42 WIB

LCGC Mulai Beraksi, MPV Tetap Jadi Primadona

Rep: Agus Raharjo/ Red: Citra Listya Rini
LCGC Toyota Agya
Foto: antaranews
LCGC Toyota Agya

REPUBLIKA.CO.ID, Mobil Low Cost Green Car (LCGC) sudah resmi dikenalkan akhir tahun 2013 ini. Ini menjadi mobil yang membuka segmen baru industri otomotif di Indonesia. Merek-merek besar di Indonesia sudah siap untuk berkompetisi menjadi yang nomor satu di segmen terbaru, LCGC ini. 

Beberapa Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) bahkan sudah mendistribusikan produk yang digadang-gadang mampu dibeli oleh masyarakat berpenghasilan pas-pasan mulai Oktober lalu. Artinya, pasar baru industri otomotif dibuka akhir tahun ini.
Tahun depan, pasar baru ini diprediksi akan terus menarik minat konsumen. Di PT Honda Prospect Motor (HPM), Brio Satya bahkan sudah mulai didistribusikan sebanyak 1000 unit akhir Oktober kemarin. 
Jumlah ini memang belum memenuhi seluruh pemesanan terhadap mobil seharga Rp 120an juta ini. Langkah awal, Honda cukup puas dengan capaian produk barunya tersebut. Meskipun, produk ini belum menjadi andalan Honda. 
Sebab, Honda masih mengandalkan Honda Jazz yang masih kokoh menguasai pasar hatchback dengan capaian penjualan sebanyak 25.324 unit dari Januari hingga Oktober tahun ini.
Honda juga memiliki andalan baru untuk menyongsong tahun depan di segmen Low MPV. Kelas ini memang menjadi santapan lezat bagi industri otomotif nasional. Pasalnya, kelas MPV memang masih kokoh di puncak pasar dengan penguasaan sekitar 40 persen di seluruh Indonesia. 
Kehadiran Honda Mobilio semakin memperketat persaingan pasar MPV nasional. Honda akan mengandalkan produk baru ini untuk berebut dengan mobil MPV lain di tahun 2014.
“Target 2014 belum kita bicarakan, sementara kita puas pemesanan 5.000 unit, ini unit yang banyak untuk penjualan satu model,” kata Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT HPM.
Geliat mobil LCGC tidak hanya dialami oleh Honda. pabrikan lain seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, bahkan Datsun juga mulai ancang-ancang menyambut 2014 dengan produk ramah lingkungan ini. Di Toyota Astra Motor (TAM), pemesan untuk Toyota Agya bahkan sudah mencapai 10 ribuan.
Toyota sendiri menarget penjualan Agya sebanyak 25 ribu unit hingga tahun 2013 berakhir. Sedangkan target tahun depan masih dirahasiakan. Yang pasti, Toyota Agya bersama kembarannya, Daihatsu Ayla siap menggebrak pasar LCGC di tahun panas politik. 
Selain produk LCGC, Toyota tetap mengandalkan kelas MPV di tahun 2014. Mengingat sumbangan Toyota Avansa bagi Toyota merupakan capaian luar biasa. Saat ini, Toyota Avansa masih memimpin pasar kelas MPV.
Kehadiran pesaing lain seperti Datsun GO+, Honda Mobilio, Chevrolet Spin, maupun Suzuki Ertiga tidak menyurutkan nyali dua Astra, Toyota Avansa dan Daihatsu Xenia di perebutan pasar MPV. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement