REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menutup kuartal pertama tahun 2014, PT Mazda Motor Indonesia (MMI) mencatatkan penjualan sebanyak 2.564 unit. Dengan penjualan tertinggi, menurut Senior Marketing Manager MMI Astrid Ariani Wijaya adalah model CX5.
SUV andalan Mazda ini lanjutnya berhasil menorehkan penjualan sebanyak 902 unit. Disusul dengan penjualan Mazda 2, Biante dan VX1.
Sementara itu penjualan wholesale Mazda di kuartal pertama ini menurut data Gabungan Industri Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencapai angka 2416 unit kendaraan. Naik 39,41 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu (year on year).
"Mazda hadir disegmen dengan volume penurunanya nggak tinggi," katanya di Jakarta, Senin (28/4).
Untuk mendukung penjualannya, Mazda lanjutnya akan terus melakukan ekspansi dengan pembukaan diler di kota-kota yang belum tergarap. Di tahun 2014 Mazda berencana membuka diler baru di Palangkaraya, Yogyakarta dan Surabaya.
Langkah ini dilancarkan juga demi mencapai target yang dipatok perusahaan menjual sebanyak 12 ribu unit kendaraan di tahun 2014. Dengan kontribusi terbesar datang dari segmen SUV Mazda sebesar 27-35 persen.
"Itu gunanya untuk menggali potensi market tersebut sehingga menambah market Mazda sendiri walaupun bukan segmen volume maker," tambahnya.