Ahad 21 Oct 2018 17:18 WIB

Jaguar Ciptakan Sistem Peringatan Bagi Pejalan Tuna Netra

AVAS adalah solusi bagi mobil listrik Jaguar IPace yang tak memiliki suara mesin

Rep: Rossi Handayani / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Seorang tuna netra menyeberang jalan dengan bantuan anjing. Jaguar mengembangkan sistem peringatan bagi tuna netra pejalan kaki. Sistem itu akan disematkan di kendaraan listrik mereka
Foto: financial express
Seorang tuna netra menyeberang jalan dengan bantuan anjing. Jaguar mengembangkan sistem peringatan bagi tuna netra pejalan kaki. Sistem itu akan disematkan di kendaraan listrik mereka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jaguar telah melahirkan kendaraan listrik termutakhir dengan nama Jaguar I-Pace. Hanya saja tanpa suara mesin, Jaguar I-Pace listrik membutuhkan cara lain untuk memperingatkan pengguna jalan yang buta, dan rentan pada bagian penglihatan. 

Jaguar telah merancang Audible Vehicle Alert System (AVAS) untuk mobil listrik pertama yang, kata perusahaan itu, memenuhi semua peraturan global yang akan datang. Suara buatan ini dapat didengar dengan kecepatan hingga 20kph, dan melebihi minimum 56dB (A) yang diperlukan oleh undang-undang Eropa yang akan datang untuk semua kendaraan listrik baru pada Juli 2019.

Perusahaan, dalam sebuah pernyataan kepada media, menambahkan bahwa suara I-Pace telah diuji oleh anggota Guide Dogs for the Blind, badan amal terkemuka di Inggris untuk orang-orang yang terkena dampak kehilangan penglihatan, sebagai bagian dari pengujian yang dilakukan oleh Jaguar.

"Ketiadaan suara mesin tradisional dari EV menciptakan masalah bagi pejalan kaki yang rentan, seperti tuna netra. Hal ini terutama berlaku pada kecepatan rendah di pusat kota dan tempat parkir mobil. Kami mengembangkan AVAS untuk I-Pace untuk memastikan keamanan pengguna jalan," kata Iain Suffield, spesialis teknis Jaguar, dilansir dari laman Financialexpress, Ahad  (21/10).

Insinyur Jaguar bekerja selama empat tahun untuk mengembangkan soundtrack yang terdengar, namun  tidak dapat didengar dari dalam kendaraan. Menariknya, upaya awal untuk menciptakan suara yang terinspirasi oleh suara pesawat ruang angkasa sci-fi harus ditangguhkan setelah pejalan kaki bereaksi dengan melihat ke langit, daripada di jalan, ketika kendaraan mendekat. 

AVAS dipancarkan dari speaker yang terletak di belakang grille depan, dan dapat didengar di setiap arah. Tanda akan meningkat dalam nada dan volume sesuai dengan kecepatan kendaraan dan, jika dibalik, disertai dengan nada tambahan yang menunjukkan perubahan arah. AVAS, tidak diperlukan pada kecepatan yang lebih tinggi karena ada angin yang cukup dan kebisingan ban bagi pejalan kaki untuk mendengar kendaraan mendekat.

Sebelumnya Jaguar meluncurkan I-Pace awal tahun ini. Mobil tersebut merupakan SUV lima tempat duduk, dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion 90kWh. Mulai dari 0-100kph dalam 4,5 detik dan memiliki jangkauan hingga 470-km (WLTP).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement