Senin 06 Feb 2017 15:17 WIB

Pasar Motor Sport Makin Kompetitif

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
Astra Honda Motor kembali meluncurkan sepeda motor sport premium, All New CBR250RR di Jakarta, Senin (25/7).
Foto: Republika/ Yogi Ardhi
Astra Honda Motor kembali meluncurkan sepeda motor sport premium, All New CBR250RR di Jakarta, Senin (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, Pasar sepeda motor, khususnya di segmen sport semakin kompetitif. Masyarakat semakin diberikan banyak pilihan untuk memboyong produk baru, dengan beragam keunggulan.

Salah satu Agen Pemegang Merek (APM), PT Yamaha Motor Indonesia baru saja memperkenalkan produk baru, All New R15. Minoru Morimoto, Presiden Direktur Chief Excecutive Officer PT YIM mengatakan, Yamaha dengan kompetitor selalu saling bersaing di segmen motor sport. "Kami buat perkejaan bagus, mereka buat lebih bagus, kami buat lebih bagus lagi mereka juga hadir lebih bagus lagi. Seperti itu terus. Kompetisi ini bagus buat konsumen," kata Morimoto.

Ia melanjutkan, dengan adanya persaingan ini membuat harga semakin kompetitif, namun kualitas produk harus lebih aman dan canggih. Itu sebabnya, Yamaha ikut berpikir untuk terus meningkatkan model line-up untuk keuntungan konsumen. Keuntungan konsumen Yamaha sendiri bisa mendapatkan produk terbaik, dengan harga terjangkau untuk konsumen. "Kita yakin Yamaha All New R15 dapat memperkuat pangsa pasar sport," ujar Morimoto.

Di samping itu, Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencatatkan pertumbuhan positif penjualan segmen sepeda motor sport dengan kenaikan sebesar 23,6 persen pada 2016, dibandingkan tahun sebelumnya. Jajaran motor sport Honda tahun lalu terjual 318 ribu unit, sementara 2015 hanya 257.179 unit.

Pencapaian tersebut semakin memperkuat kepemimpinan AHM di segmen sport dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 49,4 persen atau naik 14,8 persen, dibandingkan pangsa pasar di segmen sport 2015 yang hanya 34,6 persen. All New Honda CB150R StreetFire memberikan kontribusi terbesar pada pencapaian di segment sport Honda, dengan total penjualan sebanyak 152.263 unit.

Kemudian, diikuti oleh Honda CBR series sebanyak 90.252 unit, Honda Verza 71.231 unit, dan Honda Megapro 4.018 unit. Sementara itu, big bike sport Honda terjual sebanyak 236 unit.

General Manager Sales Division AHM, Thomas Wijaya sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap produk, dan layanan terbaik yang diberikan oleh perusahaan di tengah beragam kondisi perekonomian sepanjang 2016. "Kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadal produk sepeda motor Honda justru semakin besar, terutama di segmen motor sport. Hal ini mengantarkan kami memperkuat penetrasi di seluruh segmen pasar roda dua di Tanah Air. Kami berharap dukungan positif ini akan terus berlanjut pada tahun ini dengan beragam produk dan layanan terbaik yang akan kami hadirkan," ujar Thomas.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu sepeda motor domestik terjual 5.931.285 unit. Angka tersebut mengalami penurunan dibandingkan total penjualan 2015 yang terjual sebanyak 6.480.155 unit. AHM sendiri menyumbang penjualan hingga 4.380.888 unit. Hasil tersebut sedikit mengalami penurunan 1,6 persen, dibandingkan 2015 yang 4.453.888 unit.

Adapun R15 merupakan sepeda motor sport ber-fairing Yamaha yang hadir perdana pada April 2014 silam. Dalam perjalanannya, motor yang dijuluki 'Baby R6' ini sudah memiliki banyak penggemar. Tercatat hingga akhir 2016, sudah ada 137 komunitas R15 di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Desain All New R15 mengadopsi DNA Yamaha R-Series dengan mengedepankan unsur super sport. Motor ini menggunakan rangka Deltabox, dan New Design Aluminium Rear Arm dengan bobot yang ringan.

Kombinasi tersebut memberikan pengendalian motor yang stabil, dengan weight distribution 50 : 50. Mengendarai All New R15 kini jauh lebih aerodinamis dari model sebelumnya. Desain bodi yang meruncing dan ramping semakin menyiratkan Racy image. Lampu depan dan belakang LED, dilengkapi dengan lampu hazard yang membuat motor ini semakin terlihat agresif.

Pengembangan All New R15 2017 berdasarkan masukan dari komunitas R-Series yang sering melakukan touring. Atas dasar itu All New R15 kini dibekali dengan lampu hazard, untuk keadaan darurat.

Dyonisius Beti, Executive Vice President Director, Chief Operating Officer PT Yamaha Motor Indonesia mengatakan, Yamaha akan memproduksi massal motor ini pada semester satu, dengan target 7.500 unit per bulan. "Tentang kapan diluncurkan, memang hari ini perkenalan produk. Produksi massal diperkirakan semester satu 2017. Target minimum 7.500 unit penjualan per bulan," kata Dyonisius.

Sementara itu, Yamaha belum bisa memberikan informasi terkait dengan harga penjualan motor All New R15. Dyonisius memastikan konsumen yang memboyong motor ini akan puas. "Yamaha Indonesia akan memberikan harga yang sesuai, tapi nanti pada saat penjualan start, yang pasti konsumen akan puas, dikasih dengan harga terbaik, value for money," ujar Dyonisius.

Divisi Product Planning Yamaha Indonesia Motor Ary Christanto menjelaskan, sejumlah spesifikasi dari All New R15. Ia mengatakan, produk ini lebih alami, karena dapat dirasakan oleh masyarakat dengan handling yang lebih mudah. "All New R15, motor sport pengalaman dari sirkuit yang bisa dirasakan dari masyarakat luas. Motor ini kami persembahkan lebih pure, dan dirancang terlihat lebih seksi," kata Ary Christianto.

Ia menjelaskan, motor sport ini memiliki performa yang lebih baik, dibandingkan dengan kompetitornya. Disematkannya teknologi Variable Valve Actuation (VVA), membuat tenaga mesin semakin besar, namun tetap irit bahan bakar.

Adapun All New R15 memiliki power maksimum sebesar 14.2 kW/10000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.7 Nm / 8500 rpm. Motor ini turut dilengkapi  baru Assist & Slipper Clutch, fitur yang biasanya hanya ada pada motor besar. Dan untuk pertama kalinya diaplikasikan di motor sport kelas 150cc.

Adanya Fitur Assist membuat pengoperasian kopling menjadi ringan, sehingga pengendara semakin nyaman ketika mengoperasikan kopling. Sedangkan fitur Slipper Clutch membuat perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Perpindahan gigi dapat dilakukan dengan mudah, bahkan saat motor dalam akselerasi maksimum.

Tampilan speedometer full digital dilengkapi shift timing light, memberi tanda kepada pengendara untuk berpindah percepatan dan bisa diatur sesuai keinginan pengendara. Konsumen juga bisa memasukkan identitas nama dengan enam digit, pada tampilan LCD speedometer. Beberapa fungsi lain membuat multiinformation display semakin informatif. Yamaha All New R15 yang memiliki tiga pilihan warna yaitu racing blue, matte black dan matte red.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement