REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedan All New Honda Civic mengusung mesin terbaru dengan kekuatan super mesin Turbocharger yang dipadukan dengan mesin 1.5 liter VTEC. Meskipun menggunakan mesin turbo, ternyata perawatannya tidak ribet.
"Perawatannya mudah saja seperti mobil biasa," kata Technical and Warranty Manager PT Honda Prospect Motor Muhamad Zuhdi, disela acara media test drive All New Civic di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belum lama ini.
Hanya saja, lanjut Zuhdi, konsumen harus lebih memperhatikan penggunaan oli yang setidaknya setiap 10.000 km.
"Sistem turbo kerjanya lebih besar sehingga otomatis sirkulasi kerja mesin akan lebih cepat dan akan sering menyerap panas, sehingga harus lebih rajin diganti. Nanti kalau sudah waktunya ada indikator di meter cluster yang akan memberikan info," jelas Zuhdi.
Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy menilai bahwa mesin turbo merupakan mesin yang kedepannya akan menjadi pilihan.
"Masih banyak masyarakat yang berpikir kalau mobil mesin turbo maka perawatan akan mahal. Padahal semakin canggih mobil semakin mudah perawatannya karena pengemudian semakin baik," kata Jonfis.
Ia menambahkan, PT HPM pun akan giat memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia yang masih belum begitu mengenal baik terhadap kendaraan dengan mesin turbo.
"Sekarang kita hanya butuh edukasi ke konsumen mengenai turbo. Tidak sulit, karena turbo yang ada di Civic terbaru ini aman dan berbeda dengan turbo yang dipasang terpisah," jelas Jonfis.