REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG-Secara bertahap satu persatu seluruh maskapai asing yang tergabung dalam aliansi Skyteam pindah beroperasi ke Terminal 3 Internasional, Bandara Soekarno-Hatta. Kali ini, China Airlines.
Penerbangan perdana maskapai tersebut mulai Selasa 8 Agustus 2017 dengan rute Taipei-Jakarta dengan nomor penerbangan CI 761.
Seperti diketahui sebelumnya, maskapai Saudi Arabian Arlines, Vietnam Airlines, Korean Airlines, dan Xiamen Airlines telah lebih dulu beroperasi di Terminal 3.
Salah satu tujuan dari perpindahan maskapai internasional Skyteam dari Terminal 2 ke Terminal 3 untuk mengurai kepadatan penumpang.
“Kami memahami seluruh maskapai asing akan mulai beroperasi dari Terminal 3. Selamat datang China Airlines di Terminal 3. Persiapan peyambutan telah kami lakukan,” tutur Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho, dalam siaran persnya, Senin (7/8).
Prasetyo menyatakan, saat ini perpindahan operasional Skyteam ke Terminal berjalan dengan baik. Sebab, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta telah melakukan optimalisasi sarana dan prasarana di Terminal 3.
“Baik dari sisi pelayanan dan fasilitas, seperti sisi airside dan landside sudah kami persiapkan,” terang Prasetyo. Perpindahan operasional tersebut telah sesuai dengan roadmap PT Angkasa Pura II.
Karenanya, Terminal 3 Internasional dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital seperti, baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS) dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, memesan tempat parkir inap, melakukan reservasi taksi, melihat jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.
Guna mendukung kelancaran operasional, Terminal 3 juga dilengkapi dengan 64 konter imigrasi, masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu juga terdapat total 32 autogate imigrasi, di mana masing-masing 15 autogate imigrasi di keberangkatan dan 17 autogate imigrasi kedatangan.
“Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” tuturnya.
Sejumlah tenant makanan dan minuman juga sudah ramai untuk melayani kebutuhan para penumpang pesawat. Untuk mendukung pengoperasian tersebut, Bandara Internasional Soekarno-Hatta telah melengkapi berbagai fasilitas pendukung yang sudah dialokasikan di Terminal 3, seperti check-in counter, free wifi, free internet booth, free charging booth, contact stand, ground support system (GSS), dalam waktu dekat juga akan tersedia self check-in di Internasional.