Ahad 20 Aug 2017 16:25 WIB

Komisioner Komnas HAM: Presiden Harus Bertindak Tegas

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Bayu Hermawan
Anggota Komnas HAM Maneger Nasution.
Foto: Republika/Musiron
Anggota Komnas HAM Maneger Nasution.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution mengatakan, Presiden Joko Widodo harus bertindak tegas terkait masalah bendera Indonesia yang dipasang terbalik. Menurutnya, jika presiden bertindak tegas, tidak perlu khawatir dicap sebagai diktator.

Manager menyatakan kehormatan (dignity) Indonesia kembali terhinakan oleh Malaysia, dengan tampilan Bendera Merah Putih terbalik di buku suvenir SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Namun demikian, Jokowi meminta agar 'tidak usah dibesar-besarkan'.

"Publik sungguh berharap agar Presiden Jokowi tidak hanya merespons sesederhana itu. Sejatinya lebih dari itu. Presiden sejatinya, tidak perlu khawatir dicap diktator kalau memberi respon lebih lugas, lebih tegas, dan lebih keras dari hanya sekedar menyesalkan," jelas Maneger dalam keterangan tertulisnya, Ahad (20/8) sore.

Presiden Jokowi dikabarkan sudah merespon dengan pernyataan menyesalkan insiden gambar bendera Indonesia yang terbalik itu. Presiden memberikan respon yang sangat santai, dengan mengimbau agar tidak dibesar-besarkan. Sementara masalah bendera ini menyangkut rasa nasionalisme Indonesia.