Kamis 14 Sep 2017 19:17 WIB

UM Magelang Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Eropa

Red: Yusuf Assidiq
MoU kerja sama UM Magelang dengan perguruan tinggi di Eropa.
Foto: Dokumen
MoU kerja sama UM Magelang dengan perguruan tinggi di Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG  --  Lawatan dilakukan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah, Ir Eko Muh Widodo, bersama  pimpinan 28 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) dalam kegiatan lawatan ke Eropa bersama dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Pada kesempatan itu, UM Magelang berkesempatan untuk melakukan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Eropa.

Lawatan dilakukan ke empat negara di Eropa yakni Inggris, Prancis, Belgia, dan Belanda, mulai 10 hingga 19 September. Rombongan mengunjungi kota  London,  Paris, Brussel, Amstredam, dan Den Haag.

Eko mengatakan, UM Magelang memanfaatkan kesempatan itu untuk menjalin kerja sama dengan beberapa PT di Eropa. Di antaranya dengan Coventry University, de Monfort University, University of Harper Adams, serta  Bradford University ketika mengunjungi Inggris.

“MoU  antara lain berisi kesepakatan untuk meningkatkan kerjasama  studi lanjut S3 dosen, penelitian, serta publikasi jurnal internasional,” ujarnya, dalam siaran pers, Kamis (14/9).

Saat berada di Inggris, jelasnya, kesempatan itu juga digunakan UM Magelang untuk mengetahui keberadaan perguruan tinggi ternama  di dunia seperti Oxford University. Demikian pula saat berada di Paris, kunjungan dilakukan ke Paris Sorbone University serta beberapa tempat monumental di kota tersebut. 

Eko menambahkan, bagi UM Magelang, menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri bukanlah hal baru. Sebelumnya UM Magelang telah menjalin kerjasama dengan PT di beberapa negara ASEAN.

Selain itu, beberapa fakultas seperti Fakultas Teknik juga telah menjalin kerja sama dengan PT di Jepang dan Italia. Demikian juga dengan Fikes yang telah menjalin kerjasama dengan beberapa PT di Thailand dan Filipina.

“Dengan melakukan MoU bersama beberapa PT di Eropa, UM Magelang telah memperluas coverage kerja sama menjadi lebih luas dan mendunia,” kata Eko.

Eko mengatakan, MoU yang telah dilakukan tidak sebatas perjanjian tertulis saja, namun diimplementasikan dalam bentuk kegiatan. Seperti penelitian, jurnal, serta memberikan kesempatan kepada dosen UM Magelang untuk melanjutkan studi S3 ke luar negeri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement