Senin 23 Oct 2017 21:23 WIB

Tiga Tahun Pemerintahan, Jokowi: Perubahan di Semua Sektor

Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: EPA/Made Nagi
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menghadiri acara Rembuk Nasional 2017 yang dihelat sebagai pendalaman dan kritisi atas capaian tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

"Kita juga harus sadar bahwa perubahan-perubahan sekarang ini sudah masuk hampir ke semua sektor," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat Rembuk Nasional 2017 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta pada Senin (23/10) malam.

Presiden tiba di Hall C mengenakan kemeja putih pada sekitar pukul 18.50 WIB dan disambut meriah oleh sejumlah peserta rembuk nasional 2017. Beberapa di antaranya menjabat tangan Presiden dan mengabadikan swafoto bersama Jokowi yang juga membalas dengan tersenyum.

Kepala Negara menjelaskan ide-ide dan gagasan yang disampaikan dari Rembuk Nasional 2017 akan menjadi masukan bagi pemerintah. Dalam sambutannya, Presiden mengingatkan bahwa perubahan dunia saat ini begitu pesat melalui transformasi teknologi digital. "Kalau kita tidak berani, ini ada perubahan-perubahan dunia dan kalau kita masih rutin, masih monoton, ditinggal betul kita," ujar Presiden.