Selasa 31 Oct 2017 08:59 WIB

Karo Diguncang Gempa 4.3 SR

Rep: Issha Harruma/ Red: Esthi Maharani
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali diguncang gempa tektonik, Selasa (31/10) pagi. Gempa berkekuatan 4.3 SR dapat dirasakan di Kabanjahe dan lokasi wisata, Berastagi.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan mengatakan, gempa terjadi pada pukul 07.31 WIB. Pusat gempa berada pada koordinat 3.13 LU dan 98.46 BT.

"Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4.3 SR dengan posisi episenter tepatnya pada jarak 21 km arah Timur Laut Karo, pada kedalaman 10 km," kata Edison, Selasa (31/10).

Edison menjelaskan, dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada pada zona sesar lokal di sekitar Karo. Gempa tektonik ini dapat dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi.

"Dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan jenis gempa bumi tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi," ujar dia.

Edison pun mengimbau, masyarakat di Kabanjahe, Berastagi dan sekitarnya tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak bertanggungjawab. Warga diminta tetap mempedomani arahan yang diberikan pihak berkompeten.

"Masyarakat diimbau untuk mengikuti arahan pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempa bumi dari BMKG," kata Edison.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement