Selasa 31 Oct 2017 20:45 WIB

Masjid Syekh Zayed Koleksi Khazanah Keislaman Klasik

Red: Agung Sasongko
Masjid Al-Zayed, UEA.
Foto: Youtube
Masjid Al-Zayed, UEA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rancangan impresif menghias sisi dalam masjid Syekh Zayed dengan menggunakan material pualam Italia. Terdapat juga ran cangan ukiran floral di ruang shalat utama serta dinding sisi luar yang dihias dengan mozaik kaca emas.

Di sekitar masjid terdapat rangkaian kolam luas yang dibangun menggunakan bahan keramik gelap. Yang menakjubkan, pada malam hari kolam-kolam ini memantulkan bentuk arkade masjid, memberikan pemandangan spektakuler di bawah siraman cahaya lampu lampu masjid.

Jonathon Speirs dan Major merancang tata cahaya untuk memantulkan fase-fase bulan. Pemandangan awan abu-abu kebiruan diproyeksikan ke dinding luar masjid dan menghasilkan pemandangan yang berbeda setiap hari.

Masjid ini juga dilengkapi dengan koleksi buku penuh ilmu yang tersusun rapi di ruang perpustakaan di sisi utara menara masjid. Buku-buku tersebut padat dengan khazanah keislaman klasik yang menjadi rujukan umat Islam dari masa kemasa.

Tak hanya itu, ada juga buku-buku tentang sains, sejarah, kaligrafi, budaya, dan banyak lagi. perpustakaan juga menyimpan produk budaya, seperti koin-koin Islam dan buku buku kuno terbitan 200 tahun lalu.

Tersedia juga buku-buku dalam berbagai bahasa, seperti Arab, Inggris, Prancis, Italia, Jerman, dan Korea.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement