Rabu 01 Nov 2017 13:20 WIB

PSSI Tolak Banding Persipura Soal Lisensi AFC

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano (kiri).
Foto: Antara
Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persipura Jayapura terancam tidak bisa berlaga pada turnamen level Asia pada 2018. Itu setelah Komite Banding Lisensi Klub PSSI menolak permohonan banding yang diajukan Persipura. 

Persipura dinyatakan tidak lolos dalam verifikasi lisensi klub profesional dengan standar AFC. Lisensi ini menjadi keharusan bagi sebuah klub untuk bisa tampil di turnamen yang digelar AFC di level Asia seperti Liga Champions Asia dan Piala AFC. PSSI lantas memberikan kesempatan bagi klub yang ditolak untuk mengajukan banding.

"Kami sudah menerima surat dari Komite Bandung Lisensi Klub dan permohonan banding kami ditolak. Kami telah melewati batas waktu akhir input data dan dokumen. Semua proses itu harus berjalan bersama, tidak bisa terpisah. Hingga waktu yang ditentukan kami tak bisa melengkapi. Itulah aturannya," jelas Ketua umum Persipura, Benhur Tomi Mano, dalam pernyataan resmi klub, Rabu (1/11).

Benhur menambahkan keputusan ini cukup menyedihkan. Namun sebagai klub besar, pihaknya harus menerima keputusan itu. Persipura disebut Benhur ingin tunduk dan taat pada aturan serta ketentuan meski pihaknya tak ingin hal seperti ini terjadi. Oleh karena itu Benhur meminta maaf pendukung Tim Mutiara Hitam khususnya dan warga Papua pada umumnya.