REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mempertanyakan apakah tagline Enjoy Jakarta masih relevan. Pertanyaan ini diajukan kepada para pemegang saham PT Jakarta Tourisindo yang baru saja melakukan branding.
"Imej kita sekarang apakah masih tepat untuk meng-enjoy Jakarta?" tanya Sandiaga di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12).
Sandiaga melontarkan pertanyaan itu untuk meminta pandangan para pemegang saham Jaktour sebagai praktisi di bidang hospitality. Menurut dia, tagline itu bagus dan sangat terkenal. Namun, ia belum mengkaji apakah tagline itu masih relevan.
"Bagus sih dan sangat terkenal. Tapi saya belum audit," ujar dia.
Menurut Sandiaga, momen Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 menjadi momentum menarik untuk membangun brand Jakarta. Sandiaga menolak memberikan pandangan soal tagline Enjoy Jakarta tersebut. Menurut Sandiaga, dia tidak memiliki kapasitas untuk menilai, sebab ia tidak bergerak dalam bisnis hospitality.
"Tapi dengan exercise tadi mereka terlatih untuk melihat identitas ini masih relevan atau tidak. Karena untuk Jakarta bisa maju ke depan kita harus otentik, kita harus relevan dan harus talkable, harus fairer," kata dia.
(Baca: PT Jakarta Tourisindo Buat Branding Baru)
Kendati demikian, pemprov DKI belum memiliki niat untuk mengubah tagline tersebut. Ia akan meminta masukan dari masyarakat dan elemen lain yang bergerak di bidang hospitality.
Corporate Secretary PT Jakarta Tourisindo H Alvy Pongoh mengatakan pertanyaan itu sangat bagus. Sandiaga menanyakan itu kepada pihak yang tepat.
Jawabannya pun mudah, kata Alvy. "Betul menurut saya pertanyaannya apakah orang yang datang ke Jakarta betul-betul enjoy Jakarta? Apakah sudah menikmati Jakarta? Sedangkan orang Jakarta sendiri apakah sudah menikmati?" ujar dia.
Sebagai informasi, tagline Enjoy Jakarta diluncurkan pada 21 Maret 2005. Alasan utama diluncurkan program tersebut adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing sebanyak 2,2 juta pengunjung atau dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2004. DKI juga menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan nusantara sebanyak dua kali lipat dari tahun 2004, yakni 9,5 juta orang.
Pada 2004, terdapat sembilan slogan pilihan untuk mem-brand-kan kota Jakarta. Ada Jakarta Smile City, Jakarta, Its cool to be Hot, Jakarta, feel the Pulse, Jakarta, Rhythm of Life, Jakarta, The Spice of Life, Jakarta, Asias Hidden Secret, Jakarta, its Real, Jakarta, theres more in Jakarta, dan Enjoy Jakarta.