Jumat 12 Jan 2018 18:53 WIB

Anies Umumkan 744 Mobil Mewah dengan Pajak Tertunggak

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Andri Saubani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan ratusan mobil mewah di ibu kota yang menunggak pajak tahun 2017, Jumat (12/1).
Foto: REPUBLIKA/Mas Alamil Huda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan ratusan mobil mewah di ibu kota yang menunggak pajak tahun 2017, Jumat (12/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan ratusan mobil mewah di ibu kota yang tertunggak pajaknya pada 2017. Jika dihitung secara keseluruhan, jumlah pajak yang belum dibayar oleh pemilik mobil mewah seharga di atas Rp 1 miliar itu mencapai puluhan miliar.

"Kendaraan di atas Rp 1 miliar yang belum bayar pajak jumlahnya ada 744 mobil. Pajak yang harusnya dibayar totalnya masih Rp 26 miliar belum masuk," kata dia di Balai Kota, Jumat (12/1).

Anies berharap semua pihak yang masih menunggak menunaikan tanggung jawab melunasinya. Ia menilai tak pantas bagi pemilik mobil seharga di atas Rp 1 miliar tapi tidak menunaikan kewajiban membayar pajak. Harusnya pemilik kendaraan malu dengan pajak mobil mewahnya telah mati.

"Ini kalau lihat daftar ini dan tidak bayar pajak, tidak ada penjelasannya, malu kita, malu dengan nilai kendaraan sebesar itu," ujar dia.

Anies mengumumkan semua nomor polisi kendaraan mewah yang masih menunggak. Namun, dia mengaku tak bisa menyebutkan nama lantaran ada aturan yang tak membolehkannya. Ia kembali mengimbau pemilik mobil mewah miliaran rupiah segera membayar pajak.

"Saya percaya bagi mereka yang memiliki kendaraan dengan angka Rp 6 miliar, bayar pajak yang menjadi kewajiban, bukan angka yang fantastis. Ini tinggal soal menunaikan," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement