Selasa 23 Jan 2018 06:06 WIB

Kevin Ingin Samai Capaian Prestasi 2017

Kevin Sanjaya menjadikan Indonesia Masters sebagai langkah awal mendulang prestasi.

Red: Ratna Puspita
Pebulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya (kanan), Gregoria Mariska Tunjung, dan Jonatan Christie memberikan keterangan persiapan atlet bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga pada kejuaraan Daihatsu Indonesia Masters 2018 di Jakarta, Senin (22/1).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pebulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya (kanan), Gregoria Mariska Tunjung, dan Jonatan Christie memberikan keterangan persiapan atlet bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga pada kejuaraan Daihatsu Indonesia Masters 2018 di Jakarta, Senin (22/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pebulu tangkis spesialis ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo mengungkapkan keinginannya menyamai capaian prestasi tahun lalu pada musim 2018. Dia menjadikan Indonesia Masters sebagai langkah awal mendulang prestasi bersama pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon.

"Untuk musim ini saya memiliki target pribadi pada 2018 minimal menyamai perolehan tahun lalu," kata Kevin di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (22/1). 

Tahun 2017 menjadi capaian pribadi yang sangat gemilang bagi Kevin bersama Marcus. Mereka mampu menjadi kampiun di tujuh turnamen level Superseries dan dua kali menjadi runner up di turnamen level yang sama.

Sementara tahun 2018 ini, dengan format baru turnamen dan ketentuan satu pemain top harus mengikuti sedikitnya 12 turnamen, Kevin bertekad memberikan yang terbaik untuk usahanya. Dia berhasrat menjadikan turnamen level 4 grade II di tanah air, yakni Indonesia Masters 2018, menjadi pembuka jalan kesuksesannya tersebut.

"Ini sebagai awal turnamen yang saya ikuti di tahun 2018, karenanya saya ingin memberikan yang terbaik, apalagi bermain di kandang," ujarnya.

Dengan menawarkan hadiah total 350 ribu dolar AS, turnamen ini menjadi naik kasta setingkat Superseries dari level Grand Prix Gold pada musim-musim sebelumnya. Dengan demikian, para pemain yang akan berlaga di turnamen ini juga bukan pemain sembarangan.

Secara otomatis, ini menjadi motivasi tersendiri bagi Kevin dan Marcus di samping ekspektasi tinggi para penggemar bulu tangkis. "Saya sendiri punya motivasi untuk memenuhi ekspektasi para penggemar, itu saya anggap bukan tekanan dan saya menikmatinya," kata Kevin.

Optimistis Kevin sendiri juga dimotivasi oleh keinginannya untuk menebus kegagalan di kandang pada musim 2017, yaitu di turnamen Super Series Premier Indonesia Terbuka 2017 karena cedera. "Selain itu, saya ingin menebus kegagalan ketika bermain di Indonesia Open tahun lalu," kata dia.

Saat itu, Kevin mengatakan, cedera membuatnya bermain kurang maksimal. "Karenanya kali ini saya harus lebih baik," ujar pebulu tangkis kelahiran Banyuwangi berusia 22 tahun tersebut.

Di turnamen Indonesia Masters 2018 ini, Kevin/Marcus akan menghadapi wakil Thailand, Tinn Isriyanet/Kittisak Namdash, di putaran pertama.

photo
Infografis Rekor Dunia Kevin/Marcus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement