Jumat 16 Mar 2018 11:04 WIB

UIN Ar-Raniry dan Pemkot Banda Aceh Kembangkan Perpustakaan

salah satu rencana kerja sama yang dibahas, yaitu pengembangan perpustakaan.

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Alimsyah SPd MS dengan Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Zubaidah M.Ed di Kantor Dispusip, Jln. Keuchik Amin, Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Alimsyah SPd MS dengan Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Zubaidah M.Ed di Kantor Dispusip, Jln. Keuchik Amin, Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDA ACEH – Prodi S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry membahas sejumlah rencana kerjasama di bidang pengembangan perpustakaan dengan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, dalam siaran persnya, Kamis (15/3).

Rencana kerjasama tersebut dibahas bersama-sama oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Alimsyah SPd MS dengan Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Zubaidah M.Ed di Kantor Dispusip, Jln. Keuchik Amin, Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Alimsyah mengatakan salah satu rencana kerja sama yang dibahas, yaitu pengembangan perpustakaan khususnya pembuatan pojok baca disejumlah tempat-tempat umum dan keramaian di Kota Banda Aceh.

“Sejauh ini kita sudah mensurvei sejumlah tempat yang akan kita bangun Pojok Baca. Untuk saat ini kita sudah merencanakan 13 titik untuk pembuatan pojok baca”,kata Alimsyah.

Rencana kerjasama lain yang dibahas, kata Alimsyah yaitu terkait dengan peningkatan dan pengembangan SDM serta pelatihan dan pendampingan bagi pengelola perpustakaan gampong.

“Kita punya perpustakaan desa 90 gampong, sejauh ini baru 3 yang sudah berjalan. Itu pun hidup segan mati tak mau karena keterbatasan anggaran. Namun, kita berharap setelah pertemuan ini dengan adanya kerjasama dan ide-ide dari pihak UIN Ar-Raniry perpustakaan gampong bisa berjalan dengan maksimal”,katannya.

Menurutnya, dalam waktu dekat pihak Perpustakaan Kota Banda Aceh juga sudah merencanakan program pelatihan bagi pengelola perpustakaan gampong dan kegiatan pendukung lainnya untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan anak-anak seperti lomba story telling.

Sementara itu, Ketua Prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Zubaidah M.Ed mengatakan pihaknya sangat menyambut baik rencana dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh. Ia berkomitmen akan selalu bergandengan tangan bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kita sangat berterima kasih kepada Pemkot Banda Aceh. Semoga semua rencana kerjasama yang sudah dibicarakan tadi dapat kita wujudkan dalam waktu dekat. Dari pihak prodi kita juga akan mengirim mahasiswa magang tahun ini ke sejumlah Perpustakaan Gampong di Kota Banda Aceh”,kata Zubaidah.

Selain itu, kata Zubaidah pihaknya juga bersedia mendampingi perpustakaan desa sebagai binaan untuk dijadikan perpustakaan percontohan di Kota Banda Aceh. Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Rukiah, Kabid Perpustakaan, Muchfizar, Kasie Perpustakaan, T. Yanuarsyah. Sedangkan dari rombongan UIN Ar-Raniry hadir Wakil Dekan II Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Nurhayati Ali Hasan, M.LIS beserta staf dan pengelola perpustakaan FAH.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement