Senin 26 Mar 2018 19:00 WIB

Kapolda Metro Sebut Biang Kemacetan Jakarta

Kondisi kemacetan diperparah adanya pengerjaan beberapa proyek di Jakarta.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andri Saubani
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Palmerah, Jakarta, Senin (15/1).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Palmerah, Jakarta, Senin (15/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis mengatakan, sejumlah kemacetan di ruas jalan ibu kota, salah satu penyebabnya adalah penambahan volume motor dan jumlah jalan, tidak berbanding lurus. Apalagi, di tengah kota, beberapa proyek pembangunan yang masih terus berlangsung.

"Sebenarnya, salah satu penyebab kemacetan di Jakarta adalah penambahan jumlah motor dan jumlah jalan tidak berbanding lurus," ujar Idham saat ditemui usai acara peresmian Samsat Digital di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/3).

Di tengah kemacetan yang hampir selalu dihadapi masyarakat Jakarta setiap harinya, lebih lanjut Idham menyebutkan, kehadiran anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menjadi satu hal yang penting.  "Tadi Pak Gubernur dengar jumlah kendaraan roda dua ada 7,1 juta, dan kendaraan roda empat ada 2,4 juta. Prinsipnya Polda yang penting adalah kehadiran anggota. Kalau tidak ada anggota pengendara makin menjadi-jadi. Kalau ada anggota mereka tenang," papar Idham.

Untuk diketahui, DKI Jakarta memiliki enam proyek pembangunan. Di antaranya, pembangunan stasiun Bintaro, pembangunan stasiun Cipinang Lontar, pembangunan underpass Kartini, pembangunan fly over Pancoran, underpass Mampang-Kuningan dan pembangunan underpass Matraman Salemba, serta beberapa lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement