Senin 09 Apr 2018 20:18 WIB

Abdi Dalem Wewengkon Sleman Periode 2018-2022 Dikukuhkan

Abdi Dalem merupakan seseorang yang mengabdi untuk budayanya sendiri.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Para abdi dalem Keraton Yogyakarta.
Foto: Antara
Para abdi dalem Keraton Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Bupati Sleman, Sri Purnomo, mengukuhkan Pengurus Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Wewengkon Kabupaten Sleman periode 2018-2022. Pengukuhan dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman.

Dalam sambutannya, Sri Purnomo mengingatkan menjadi Pengurus Abdi Dalem merupakan tugas dan tanggung jawab yang besar. Ia menegaskan, Abdi Dalem bukanlah sekadar seorang bawahan dari Sultan sebagai Raja di Yogyakarta. Namun, lanjut Sri, Abdi Dalem merupakan seseorang yang mengabdi untuk budayanya sendiri. UNtuk itu, ia berharap, mereka yang telah terpilih sebagai Abdi Dalem bisa terus mengembangkan kreativitas dan kemampuannya.

Sri turut berharap, Abdi Dalem mampu menjadi penyangga budaya keraton di tengah masyarakat. Untuk itu, ia meminta Abdi Dalem aktif dan memanfaatkan kesempatan yang ada guna mendiskusikan aspek-aspek budaya. Melalui keaktifan itu, ia merasa Abdi Dalem akan memiliki keluasan pengetahuan serta ketajaman pandangan terhadap dinamika perkembangan budaya. Baik itu budaya Jawa, budaya Indonesia maupun peradaban dunia.

"Jadi, dari dukungan dan kinerja Abdi Dalem inilah kita dapat mempertahankan nilai-nilai kultur Keraton (Ngayogyakarta)," kata Sri.