Senin 30 Apr 2018 07:39 WIB

Tim Kemenkes Sisir Kampung-Kampung di Asmat

Penyisiran untuk memantau kondisi kesehatan dan melakukan penanganan medis.

Red: Ratna Puspita
Anak-anak Asmat (ilustrasi)
Foto: Republika/Muhyiddin
Anak-anak Asmat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Flying Health Care (FHC) dari Kementerian Kesehatan menyisir kampung-kampung di Kabupaten Asmat Papua. Penyisiran untuk memantau kondisi kesehatan dan melakukan penanganan medis pada masyarakat setempat.

Dalam siaran pers Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Senin (30/4), tim FHC gelombang kelima yang dikirim ke Asmat tersebut menyambangi Kampung Nakai, Aou dan Aoap, Kapi, As dan Atat di Distrik Pulau Tiga. Tim FHC melakukan layanan kesehatan yang dikemas dalam program Puskesmas Keliling.

Tim FHC V yang ditugaskan di Asmat dalam 17 hari terakhir bertugas membantu pemulihan sekaligus memantau kesehatan masyarakat Asmat. Beberapa bulan lalu, di Kabupaten Asmat terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan masalah gizi buruk.

Dalam kegiatan tersebut, tim menemukan salah seorang warga yang mengalami kecelakaan terjatuh dari jembatan dan mengalami luka pada skrotum. Selain itu, tim melakukan penanganan medis pada anak patah tulang lengan di Kampung Nakai.