Selasa 10 Mar 2015 14:32 WIB

UI Miliki Infrastruktur Nanoteknologi

Rep: c64/ Red: Dwi Murdaningsih
Nanoteknologi (ilustrasi)
Nanoteknologi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Fasilitas infrastruktur nanoteknologi berdiri di Universitas Indonesia, Depok. Tepatnya fasilitas infastrutur nanoteknologi ini bernama Mochtar Riady Plaza Quantum (MRPQ). Fasilitas terbaru FT UI adalah MRQP, yang telah diresmikan pada Selasa (10/3) oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 

"Sebuah fasilitas baru yang di dalam lingkungan Departeman Teknik Elektro (DTE) Fakultas Teknik, UI. Khusus untuk pengembangan riset di bidang nano device, yang diketahui sebagai salah satu riset unggulan," ujar Dekan Fakultas Teknik, UI Dedi Priadi.

Menurutnya, perkembangan yang pesat ini tidak lepas dari keungulan potensi yang dimiliki DTE FTUI, mulai dari potensi SDM riset, networking riset yang luas dan sarana riset yang dimiliki. 

Rektor UI Muhammad Anis menambahkan, dengan adanya fasiitas baru ini diharapkan DTE UI dapat terus meningkatkan hasil risetnya. Sehingga, tidak hanya berguna untuk DTE UI saja tetapi masyarakat juga. 

"Mengingat, hal ini selaras dengan visi UI untuk menjadi Univeritas Riset kelas dunia. Dengan berlandaskan keyakinan bahwa nanoteknologi akan sangat mempengaruhi perkembangan peradaban manusia di masa yang akan datang," lanjutnya. 

 

"Diharapkan, dengan berdirinya MRPQ ini di UI dapat meningkatkan hasil riset yang memiliki prototype yang tinggi. Sehingga, tidak hanya bermafaat untuk UI saja, untuk masyarakat juga," ujat Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir. 

 

Gedung MRPQ ini merupakan hibah dari pendiri Lippo Group Mochtar  Riady. Yang sudah beberapa tahun memimpin Majelis Wali Amanat (MWA) UI pada periode 2002-2006.

 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement