Senin 24 Oct 2016 22:55 WIB

UI Siap Gelar UI Quranic Olympiad 2016

Red: M.Iqbal
Salah satu peserta keluar dari podium usai lomba Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ( MTQMN) ke-14 di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu (5/8).
Foto: Republika/ Musiron
Salah satu peserta keluar dari podium usai lomba Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional ( MTQMN) ke-14 di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu (5/8).

REPUBLIKA.CO.ID,Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) terus berupaya untuk melaksanakan serangkaian kegiatan yang bisa merdampak baik bagi pembentukan karakter mahasiswanya. Hal lain, juga sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur UI, yaitu Veritas (kebenaran), Probitas (kejujuran), dan Iustitia (keadilan). 

Salah satu langkah UI mewujudkan pembentukkan karakter tersebut melalui kegiatan kemahasiswaan. Salah satunya adalah Universitas Indonesia Quranic Olimpiad (UIQO) 2016 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Nuansa Islam Mahasiswa (Salam) UI.

Ajang ini akan berlangsung mulai 27 Oktober hingga 6 November 2016 di kampus Universitas Indonesia. UI Quranic Olmypiad 2016 merupakan acara Alquran terbesar tahun ini di kampus UI. 

UIQO 2016 mengangkat tema “Membangun Generasi Muda Muslim Cendikia yang Maju dengan Al-Quran”. Acara ini berisi penuansaan nilai Alquran dalam bentuk perlombaan seputar Alquran. 

Terdapat beberapa cabang-cabang musabaqah, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilil Qur’an, Musabaqah Hifzhil Qur’an (1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz), Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an, Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (Bahasa Arab dan Inggris).

Ketua Salam UI Rangga Kusumo menjelaskan UIQO merupakan acara yang bertujuan mendekatkan kembali sivitas akademika dengan Alquran. Tujuannya agar Alquran menjadi sebaik-baik inspirasi bagi siapa pun.

"UIQO tahun ini merupakan program terbesar Salam UI. Kami berharap Al-Quran bisa menjadi inspirasi bagi siapapun, kemudian UI semakin sejuk dengan lantunan ayat suci Al-Quran di berbagai sisi kampus, sama saat UI menjadi tuan rumah MTQ Mahasiswa Nasional tahun lalu," ujar Rangga.

Universitas Indonesia pada MTQ Mahasiswa Nasional XIV tahun 2015 lalu yang berlangsung di UI berhasil menjadi juara umum ketiga. UIQO 2016 ini juga merupakan salah satu upaya UI untuk menyongsong MTQ MN XV tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Universitas Negeri Malang (UM). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement