Kamis 15 Dec 2016 13:16 WIB

Pegawai Tetap Yayasan UPN Tuntut Kejelasan Status Kepegawaian

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Dwi Murdaningsih
UPN Veteran yogyakarta
Foto: wordpress
UPN Veteran yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pegawai Tetap Yayasan (PTY) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menggelar aksi mannequin challenge untuk menuntut kejelasan status kepegawaian mereka. Sebab, sejak ditetapkan sebagai perguruan tinggi negeri, PTY UPN tidak memiliki status yang jelas.

"Sekarang sudah mau tahun ketiga UPN jadi perguruan tinggi negeri. Tapi status kami masih belum jelas," tutur Ketua Forum Pegawai Tetap Yayasan (FPTY) UPN, Arif Riyanto saat ditemui di Lapangan Rektor UPN, Kamis (15/12).

Menurutnya, meski pemberkasan pegawai sedang diproses, ketidakjelasan status pegawai sudah berlangsung terlalu lama. Pada akhirnya kondisi ini berdampak pada kesejahteraan PTY. Baik yang merupakan tenaga pendidik maupun dosen. Arif mengatakan, hal serupa juga dialami oleh pegawai di 35 perguruan tinggi negeri baru lainnya.

Walau pihak perguruan tinggi telah memproses peralihan PTY menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, pemerintah pusat sendiri belum menunjukkan tanda-tanda positif dalam proses peralihan. "Kami ingin pemerintah segera menentukan kebijakan apakah kami akan menjadi pegawai pemerintah apa tidak," kata Arif.