Jumat 13 May 2016 17:38 WIB

Ribuan Siswa Terbaik akan Ikuti Olimpiade Sains Nasional di Palembang

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN).
Foto: blogibnuseru.blogspot.com
Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ribuan siswa terbaik dari 34 provinsi akan berkumpul di Palembang, Sumatera Selatan. Mereka akan bersaing dalam perhelatan tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016.

 

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Kemendikbud, Hamid Muhammad menerangkan, OSN akan diikuti seluruh tingkatan sekolah, baik SD, SMP dan SMA. Peserta SD sebanyak 408 orang, 396 siswa SMP dan 775 peserta SMA.

 

“Ini akan dilaksanakan selama tujuh hari di Palembang,” kata Hamid kepada wartawan di Gedung A, Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat (13/5).

Penyelenggaraan ini akan dilaksanakan dari 15 sampai 21 Mei 2016. Para peserta ini sebelumnya telah melalui tahap selekso dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

 

Menurut Hamid, OSN ini diarahkan sebagai salah satu sarana bersifat implementatif dan efektif. Tujuannya, untuk membina dan membangun karakter siswa. Para siswa juga diajak mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan berkompeteisi sehat melalui kegiatan ini.

 

Adapun jenis yang dilombakan pada tingkat SD seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Para peserta nantinya memperebutkan tiga tropi yang terdiri dari hasil teori terbaik, eksplorasi dan peserta terbaik. Masing-masing bidang disediakan 10 medali emas, 20 medali perak dan 30 perunggu. Peraih medali ini akan menerima dana pembinaan dan piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan.

 

Sementara tingkat SMP melombakan bidang Matematika, IPA dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pada SMA sendiri akan mencakup bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer dan Biologi. Kemudian bidang Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement