Senin 17 Sep 2018 12:37 WIB

Andien Rutin Lakukan Teknik Lepas Stres

Andien rutin menjalani Tension and Trauma Releasing Exercise.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Yudha Manggala P Putra
Penyanyi Andien menunjukkan album terbarunya yang bertajuk Metamorfosa pada peluncuran album itu di Jakarta, Rabu (4/10).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Penyanyi Andien menunjukkan album terbarunya yang bertajuk Metamorfosa pada peluncuran album itu di Jakarta, Rabu (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Andien Aisyah dikenal sebagai selebritas yang menjalani hidup sehat. Ia kerap mengunggah aktivitas pola hidup sehat ke media sosial miliknya. Ia pun kini dikenal juga sebagai healthy lifestyle influencer.

Ia mengatakan, gaya hidup sehat tak hanya mengonsumsi makanan sehat. Melainkan juga diimbangi dengan olahraga teratur.

Ia mengaku olahraga yang saat ini menjadi rutinitas ialah yoga dan pilates. Selain olahraga, Andien juga rajin melakukan latihan yang berfokus pada pikiran dan jiwanya atau disebut dengan istilah Tension and Trauma Releasing Exercise (TRE).

"Kalau sekarang aku TRE. TRE nanti badan kita getar-getar sendiri," ujar Andien kepada wartawan di kawasan Jakarta Barat, Ahad (16/9).

TRE dilakoni Andien secara rutin di sela-sela kegiatannya yang sibuk baik jadwal menyanyi maupun tugasnya seorang ibu. TRE menjadi 'me time' tersendiri bagi Andien di waktu luangnya untuk melakukan hal yang postitif dan bermanfaat. Andien melakukan terapi tersebut secara rutin selama 10 menit setiap harinya.

Ia mengaku merasakan manfaat besar dari teknik melepas stres tersebut bagi kesehatan fisik dan emosi. Meski baru sekitar empat bulan Andien menekuni terapi ini. Ia mengatakan, melakukan TRE sejak dikenalkan penulis Gobind Vashdev tiga bulan lalu.

"Jadi tubuh kita nanti bakal memprioritaskan apa yang harus di-heal (sembuhkan) dari badan kita, dari segi fisik maupun emosi," tutur dia.

Selain itu, Andien percaya dalam tubuh setiap manusia ada yang menghalangi atau menyumbat. Ia mencontohkan, seperti pengalaman buruk atau trauma di masa lalu yang belum sembuh. Ataupun suatu kejadian yang dapat memengaruhi pola pikir dan kehidupan.

"Nanti tiba-tiba, kok gue jadi enggak takut ketinggian, kok sakit di pundak gue hilang, kok gak jadi pemarah, semua trauma atau tensi kerilis dengan sendirinya," ungkap Andien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement