REPUBLIKA.CO.ID, CENGKARENG -- Maskapai Berbiaya Hemat, Low Cost Carrier (LCC), Citilink Indonesia meraih predikat berbintang empat dari asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat. Penghargaan diberikan dalam acara seremonial APEX Award Ceremony Expo 2018 yang diselenggarakan di Boston, Massachusetts, beberapa waktu lalu.
"Peringkat bintang empat yang diraih Citilink Indonesia merupakan hasil dari komitmen dan kerja keras seluruh lini untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggannya," ujar Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman di Jakarta, Rabu (3/10), seperti dalam siaran persnya.
Citilink Indonesia terpilih menjadi salah satu dari 10 maskapai LCC dunia yang meraih predikat Four Star Low Cost Carriers of the Official Airline Ratings, berdasarkan respons para penumpang penggunanya. Penghargaan ini merupakan wujud komitmen Citilink Indonesia untuk terus berinovasi dalam peningkatan pelayan.
Terbukti dalam tahun ini Citilink Indonesia telah meraih beberapa penghargaan international antara lain predikat sebagai Maskapai LCC berbintang empat dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London pada bulan Februari 2018. Juga sebagai Best Low Cost Carrier di Asia versi TripAdvisor, "Travellers' Choice Winner pada bulan Juli 2018.
Para penumpang menilai keseluruhan pengalaman penerbangan dan memberi peringkat berdasarkan lima subkategori, yaitu kenyamanan kursi, layanan kabin, makanan dan minuman, hiburan dan Wi-Fi.
Selain Citilink Indonesia, maskapai penerbangan lain yang dianugerahi predikat sebagai Maskapai Low Cost Carrier Bintang Empat dunia yaitu Allegiant Air, Eurowings, IndiGo, Interjet, Jetstar Japan, Norwegian, Southwest Airlines, Thai AirAsia dan WestJet.
Selama empat dekade APEX, sebagai asosiasi perdagangan internasional, merepresentasikan berbagai perusahaan penerbangan, pemasok dan perusahaan pendukung industri penerbangan terkemuka di dunia yang bekerja untuk meningkatkan pengalaman terbang bagi wisatawan. Penilaian APEX Official Ratings berdasarkan dengan respons penumpang sejumlah maskapai yang digabungkan dalam kerja sama antara APEX dengan TripIt yang diperoleh dari Concur, aplikasi pengaturan perjalanan dengan rating tertinggi di dunia.
Dengan menggunakan skala lima bintang, lebih dari satu juta penerbangan dinilai oleh penumpang di 500 maskapai di dunia dalam periode 1 Juli 2017 hingga 30 Juni 2018. Melalui aplikasi Concur, penumpang menilai pengalaman keseluruhan penerbangan dalam skala lima bintang, kemudian pada laman yang sama, para penumpang juga diberikan kesempatan untuk memberikan penilaian untuk sub kategori yang telah ditentukan, yaitu kenyamanan tempat duduk, pelayanan kabin, penyajian makanan dan minuman, sarana hiburan serta Wi-Fi.