Kamis 04 Oct 2018 23:37 WIB

Nakes Lakukan Desinfeksi untuk Cegah Penyakit di Palu

Kemenkes menyebut bencana memicu penyebaran kuman patogen

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas mengobati warga korban bencana alam gempa bumi dan tsunami dirawat di RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas mengobati warga korban bencana alam gempa bumi dan tsunami dirawat di RSUD Undata, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari beberapa lembaga melakukan desinfeksi di Rumah Sakit Undata, Palu, Sulawesi Tengah. 

"Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit ke manusia," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/10) malam.

Baca Juga

Ia menjelaskan, bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah memicu penyebaran kuman atau mikroorganisme patogen. Mikroorganisme tersebut, dia melanjutkan, dapat menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit.

Penyakit tersebut dapat menular melalui mulut atau dengan menghirup udaranya, atau melalui luka dan dapat menyebabkan infeksi. Karena itu, desinfeksi perlu dilakukan dan tadi siang telah dilakukan desinfeksi oleh tenaga kesehatan di RS Undata. 

"Desinfeksi itu dilakukan untuk membunuh kuman atau mikroorganisme patogen yang ada di sekitaran RS Undata," ujarnya.

Sehingga, kata dia, upaya ini dapat mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit ke masyarakat.

Selanjutnya, desinfeksi akan dilakukan di wilayah lainnya. Hal ini sebagai upaya SDM bidang kesehatan dalam menjaga kesehatan masyarakat agar mereka bisa bertahan dalam situasi pasca gempa ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement