Selasa 16 Oct 2018 01:14 WIB

Ter Stegen Dianggap Sudah Layak Jadi Kiper Nomor Satu Jerman

Ia menilai sampai saat ini Manuel Neuer masih berjuang mencapai performa terbaik.

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah
Marc Andre ter Stegen
Foto: EPA-EFE/Javier Lopez Hernandez
Marc Andre ter Stegen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan kapten timnas Jerman, Lothar Matthaus, berpendapat sudah waktunya memberi kesempatan kepada Marc-Andre ter Stegen sebagai kiper utama Die Mannschaft. Matthaus menilai Ter Stegen berhak menjadi pilihan pertama berdasarkan kiprahnya bersama Blaugrana beberapa tahun terakhir.

"(Ter Stegen) sudah kelas dunia di Barcelona selama bertahun-tahun. Saya pikir dia secara bertahap mendapatkan kesempatan untuk memainkan pertandingan penting dari awal, bahkan jika Neuer tersedia," tulis pemenang Piala Dunia 1990 dalam kolomnya untuk Sky Sports, dikutip dari Four Four Two, Senin (15/10).

Baca Juga

Pernyataan tersebut dikeluarkan Matthaus bukan tanpa sebab. Ia menilai sampai saat ini Manuel Neuer masih berjuang untuk mencapai performa terbaiknya. Faktanya, Neuer tampak kesulitan sejak kembali beraksi setelah absen panjang karena cedera kaki musim lalu.

Pemain berusia 32 tahun itu tidak tampil meyakinkan ketika Jerman tersingkir di fase grup Piala Dunia Rusia 2018. Kiper Bayern Muenchen ini juga kembali menerima kemurkaan publik Jerman atas penampilan buruknya dalam kekalahan 0-3 dari Belanda pada Liga Bangsa-Bangsa, Ahad (15/10).

"Manuel Neuer saat ini tidak memiliki bentuk dan kepastian yang dia miliki sebelum cedera serius," kata Matthaus. "Dia belum kembali dalam bentuk yang membuatnya menjadi kiper terbaik dunia empat kali."

Ter Stegen baru dipasang dalam dua pertandingan tahun ini. Ketika pertandingan persahabatan melawan Spanyol pada Maret dan Peru bulan lalu. Setelahnya, penjaga gawang 26 tahun itu hanya menghangatkan bangku cadangan Die Mannschaft.

Jerman akan melakoni laga ketiga Liga Bangsa-Bangsa menghadapi Prancis di Paris pada Rabu (15/10). Jerman memerlukan kemenangan untuk tetap menjaga asa mereka lolos ke empat besar Liga Bangsa-Bangsa.

Saat ini, Jerman baru mengoleksi satu poin dari hasil imbang saat bertemu Les Bleus bulan lalu. Kemenangan Jerman atas Prancis akan membuat persaingan Grup 1 Liga A akan sangat ketat dan menarik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement