Rabu 14 Jul 2010 18:40 WIB

Tim Oranye Disambut Meriah di Amsterdam

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,Sekitar setengah juta pencinta kesebelasan Oranye menyambut kedatangan tim kesayangannya di Amsterdam. Timnas Oranye berada di urutan kedua setelah Spanyol di Piala Dunia yang baru saja berakhir di Afrika Selatan.

Para pemain serta staf pelatih Bert van Marwijk berada di atas perahu melewati pelabuhan dan mengelilingi kanal-kanal di Amsterdam. Ribuan pencinta Oranye yang mengenakan baju berwarna oranye berdiri di sepanjang kanal dan jembatan mengelu-elukan tim kesayangannya. Mereka melambai dengan bendera dan berulang kali meniupkan vuvuzela.

Dari atas perahu, para pemain merekam tingkah para penonton yang datang dari seluruh Belanda ke Amsterdam, dengan kamera di telpon genggam mereka. Setelah perjalanan keliling kanal, timnas Oranye menuju podium di alum-alun tengah kota Amsterdam, Musiumplein untuk disambut dengan resmi. Lebih dari 100 ribu orang berkumpul di alun-alun tersebut.

Sebelumnya para pemain dan ofisial berada di Den Haag. Mereka diterima oleh Ratu Beatrix di Istana Noordeinde. Pada kesempatan itu ratu juga berfoto bersama di atas tangga istana dengan para pemain. Sementara masyarakat yang menonton mengelu-elukan mereka.