Rabu 19 Dec 2018 10:16 WIB

Sukabumi Kaji 2 Opsi Hadapi TPA Sampah Hampir Penuh

Sukabumi akan melakukan perluasan TPA.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Sampah plastik. Ilustrasi
Foto: Huffpost
Sampah plastik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Keberadaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kota Sukabumi, Jawa Barat hampir penuh. Permasalahan ini dihadapi Pemerintah Kota Sukabumi dengan mengkaji dua opsi dalam penanganannya.

Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi menyebutkan, kapasitas TPA Cikundul Kecamatan Lembursitu akan penuh dalam jangka waktu 1,5 tahun ke depan. Saat ini lahan yang tersisa untuk menampung sampah hanya sekitar 1,5 hektare.

‘’ Ada dua opsi dalam menghadapi TPA yang hampir penuh,’’ ujar Kepala DLH Kota Sukabumi Adil Budiman kepada wartawan Rabu (19/12). 

Opsi pertama yakni membangun TPA regional yang dilakukan pemerintah provinsi Jawa Barat. TPA regional ini kerja sama antara Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. 

Lokasi TPA ini awalnya direncanakan di wilayah Kabupaten Sukabumi. Namun saat ini masih terus dikaji tentang kemanfaatannya. 

Sementara itu opsi kedua adalah perluasan TPA Cikundul. Rencananya luasan TPA yang akan ditambah mencapai 25 hektare. Nantinya pengelolaan akan dilakukan Pemkot Sukabumi dan wilayah Kabupaten Sukabumi bisa memanfaattkannya.

Menurut Adil, dari dua opsi ini Pemkot Sukabumi lebih condong pada pilihan kedua yakni perluasan TPA Cikundul. Di mana jika TPA berada di wilayah Kota Sukabumi maka anggaran yang dikeluarkan untuk membayar retribusi sampah tidak terlalu besar.

Sebaliknya bila di luar Sukabumi maka membutuhkan dana yang lebih besar. Adil menuturkan, berdasarkan hasil hitungan survei biaya untuk membuang satu ton sampah mencapai Rp 150 ribu.

Sementara produksi sampah di Kota Sukabumi mencapai sekitar 171 ton per hari. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan mencapai miliaran rupiah per tahunnya.

Oleh karena itu ungkap Adil, pada 2019 nanti Pemkot Sukabumi sudah menganggarkan dana sebesar Rp 16 miliar untuk perluasan TPA Cikundul. Tahapan berikutnya yakni menunggu adanya bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun TPA yang bagus di Sukabumi.

Kepala Bidang Tata lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, DLH Kota Sukabumi Yelly Yumaeli menambahkan, timbunan sampah dari hari ke hari di Sukabumi makin meningkat. Berdasarkan data terakhir produksi sampah di Kota Sukabumi mencapai sekitar 171 ton per hari. 

Sekitar 102 ton diantaranya masuk ke TPA sampah Cikundul. Sedangkan sisanya ada yang diolah di tempat pengolahan sampah terpadu (TP3R). Selain itu ada sekitar 10 persen sampah yang belum diangkut ke TPA karena ditimbun di tanah maupun ada yang dibuang ke sungai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement